Peran Bahasa dalam Kesuksesan Akademik Anak

    Dhaifurrakhman Abas - 12 Januari 2019 10:23 WIB
    Peran Bahasa dalam Kesuksesan Akademik Anak
    Peran Bahasa dalam Kesuksesan Akademik Anak (Foto: gettyimages)
    Jakarta: Bahasa memainkan peran penting dalam menentukan masa depan anak. Sebab bahasa merupakan faktor penunjang keberhasilan akademik dan sosial.

    Peran bahasa diteliti oleh akademisi Washington University pada 1.200 anak-anak berprestasi di sekolah. Para akademisi ini menilik apa yang membuat anak-anak bisa lebih menonjol ketimbang siswa lainnya.
    "Kami menggunakan beberapa ukuran keterampilan akademik dan sosial pada usia dan tingkat kelas tertentu," kata Amy Pace, peneliti dari Department of Speech and Hearing Sciences.

    Tim menganalisis penilaian akademis dan perilaku berdasarkan standar kurva skor yang sudah ditentukan. Pemodelan kurva memungkinkan tim untuk melihat tingkat kinerja anak-anak sepanjang waktu dan menyelidiki perubahan-perubahan pada waktu tertentu.

    "Kami menemukan bahwa bahasa meningkatkan keterampilan dan tonggak sosial, emosional, empati, kesehatan, membaca," ujarnya.

    Bahkan kata Pace, bahasa membuat anak lebih mampu sukses dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Lantaran bahasa dianggap berperan dalam kemampuan prediksi dan nalar yang memudahkan anak memahami logika matematika.

    "Mengapa anak-anak berhasil dalam matematika, misalnya? Sebagian besar karena memiliki kosakata matematika yang kuat,” tandasnya.



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id