Tak Tertarik Lagi dengan Pasangan? Ini Beberapa Alasannya

    Kumara Anggita - 16 September 2019 14:16 WIB
    Tak Tertarik Lagi dengan Pasangan? Ini Beberapa Alasannya
    Dalam hubungan jangka panjang, stabilitas dan rasa aman adalah kunci. (Foto: Pixabay/Pexels)
    Jakarta: Pada awal-awal berkencan, Anda dan pasangan memiliki ketertarikan yang begitu besar satu sama lain. Hal ini membuat Anda berpikir bahwa perasaan itu bisa terus bertahan selamanya. Sayangnya seiring usia pernikahan berjalan, ketertarikan itu mulai menudar dan ini membuat Anda merasa sedih.

    "Dalam hubungan jangka panjang, tidak jarang daya tarik di antara pasangan untuk menghilang," ujar terapis seks, Nazanin Moali yang dikutip dari huffpost.

    Keadaan ini umumnya terjadi karena beberapa hal. Berikut alasan mengapa Anda tidak tertarik lagi dengan pasangan:

    1. Bosan

    Dalam hubungan jangka panjang, stabilitas dan rasa aman adalah kunci. Namun keadaan yang terlalu nyaman membuat hubungan mudah diprediksi dan bahkan terkesan basi.

    "Sebagai manusia, kita terikat untuk menyukai dan menginginkan hal-hal baru. Perasaan terlalu akrab dengan pasangan mungkin berdampak negatif pada ketertarikan kita terhadap mereka," kata Moali..

    2. Benci yang belum terselesaikan

    Dalam hubungan pasti ada konflik yang mewarnai. Bisa tentang uang, perselingkuhan, jenis kelamin, keputusan pengasuhan anak, drama keluarga, atau pembagian tanggung jawab rumah tangga yang tidak merata. Saat tak terselesaikan dengan cara yang adil dan satu sama lain menyimpan perasaan negatif maka akan menimbulkan kebencian.

    ″Itu membuat Anda merasa jauh darinya atau marah pada pasangan Anda dan diterjemahkan menjadi daya tarik yang menurun,” kata Psikolog, Samantha Rodman.

    3. Enggak romantis lagi

    Hubungan jangka panjang membuat Anda masuk ke hal-hal serius lainnya. Kesibukan seperti kerja urusan rumah tangga dan semacamnya dapat membuat Anda lupa untuk menunjukan kasih sayang secara romantis.

    "Secara tidak sadar, orang mungkin terjebak dalam peran harian mereka yang spesifik seperti orang tua, bos, pengasuh dan lain-lain. Akibatnya berkomunikasi dengan pasangan mereka dengan sikap yang sama," kata Moali.

    “Jangka panjang, ini dapat mengubah citra kita di mata pasangan kita dan mengurangi ketertarikan,” lanjutnya.

    4. Enggan merawat diri

    Pasangan dewasa memiliki urusan yang tak ada habisnya. Alhasil membuat satu sama lain jadi lupa diri untuk merawat diri. Padahal merawat diri adalah hal yang penting untuk diri sendiri dan pasangan Anda. Anda bisa menjadi sehat, percaya diri, memiliki suasana hati yang baik, dan memiliki energi untuk keluar dan menikmati hidup.

    "Banyak yang mungkin melihatnya sebagai hal yang sia-sia, tetapi kita berutang pada diri kita dan pasangan kita untuk menjadi yang terbaik. Misalnya makan sehat, beristirahat, berolahraga dan mengurus mental kita," kata Terapis Pernikahan Kathy Hardie-Williams.

    Itulah beberapa alasan mengapa tidak ada rasa deg-degan lagi saat bersama pasangan. Identifikasi apa yang terjadi pada Anda dan pasangan, demi mengembalikan masa-masa indah itu.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id