Membangun Percaya Diri saat Bercinta Pasca Operasi Caesar

    Anda Nurlaila - 20 Mei 2019 20:24 WIB
    Membangun Percaya Diri saat Bercinta Pasca Operasi Caesar
    Sebaiknya, perhatikan kembali asumsi Anda mengenai tubuh. Cari bagian tubuh yang menarik secara seksual. (Foto Ilustrasi: Rawpixels/Pexels)
    Jakarta: Setelah melahirkan, berhubungan seks menjadi sebuah tantangan bagi sebagian istri. Baik itu yang melahirkan secara normal, ataupun operasi cesar.

    Bagi wanita yang menjalani operasi caesar akan menemui beberapa hambatan. Selain karena bekas luka jahitan yang masih terasa sakit, rasa percaya diri juga berkurang. Meski begitu, bukan berarti kehidupan seks Anda berakhir.

    Pasca operasi Caesar, perawatan di rumah sakit berlangsung sekitar 2-4 hari. Pemberian obat pereda nyeri akan dikurangi bertahap dan mencabut kateter penampung urin.

    Perdarahan vagina pada wanita yang melahirkan caesar biasanya lebih sedikit daripada yang bersalin secara normal. Umumnya, dokter dapat menyarankan hubungan seks kembali sekitar 4-6 minggu setelah melahirkan. Dalam situasi itu leher rahim sudah kembali menutup dan perdarahan diharapkan sudah terhenti.

    Pada persalinan caesar, bekas luka jahitan dianggap benar-benar sembuh sekitar enam minggu setelah persalinan. Namun luka di perut dan berbagai faktor lain membuat wanita kurang percaya diri saat bercinta kembali setelah operasi caesar.

    Seperti dimuat dalam Parents, Psikolog klinis di Lafayette, California Edward Abramson mengatakan, semua orang memiliki cacat fisik. Paha berlemak, kulit yang berjerawat, atau rambut yang mulai menipis.

    "Jika diperlukan tubuh sempurna sebelum seseorang berhubungan seks, umat manusia akan mati jutaan tahun lalu," kata Abramson.

    Bekas luka operasi caesar menyusut dan memudar seiring waktu. Sebaiknya, perhatikan kembali asumsi Anda mengenai tubuh. Cari bagian tubuh yang menarik secara seksual dan membuat suami tertarik.

    "Anda hanya melihat tubuh dari segi bekas luka. Padahal banyak hal yang suami suka dari tubuh Anda, rambut, aroma tubuh, atau lengkungan punggung. Jadi belajar merasa nyaman dengan tubuh Anda sendiri," lanjut Abramson.

    Jika telah nyaman dengan diri sendiri, Anda akan lebih percaya diri. Selain itu, pilihlah pakaian yang dapat meningkatkan fitur tubuh. Seperti kenakan gaun tidur pendek agar memperlihatkan kaki telanjang Anda. Kenakan gaun seksi yang memperlihatkan bagian tengah tubuh Anda.

    Lewati suami dalam keadaan santai, misalnya saat menuju ke kamar mandi. "Dijamin, suami tidak akan memperhatikan bekas luka. Dan mengekspos tubuh selama bercinta akan mengurangi ketakutan dan lebih menyenangkan," kata Abramson.

    Pilih Persalinan Normal atau Caesar




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id