Cara Membantu Pasangan 'Insecure' Anda - Medcom

    Cara Membantu Pasangan 'Insecure' Anda

    Timi Trieska Dara - 16 September 2019 06:02 WIB
    Cara Membantu Pasangan 'Insecure' Anda
    Ketika pasangan yang aman secara konsisten mencintai, maka perubahan positif cenderung terjadi. (Foto: Pexels)
    Jakarta: Tidak peduli bagaimana Anda mencoba, Anda tidak dapat meyakinkan pasangan Anda bahwa Anda berkomitmen pada dia. Mungkin pasangan Anda melekat, atau cemburu, atau melindungi diri dengan tetap jauh.

    Apa pun dinamisnya, mereka percaya bahwa Anda berpikir yang terburuk dari mereka dan takut Anda akan pergi. Itulah gambaran seorang pasangan yang insecure. Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk membuktikan bahwa mereka tidak perlu khawatir?

    Secara paradoks, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berhenti berusaha membuktikan pendapat Anda. Tidak peduli berapa kali Anda telah mencoba, apakah itu berhasil atau tidak. Jika Anda terus berusaha, Anda akan terus mendapatkan hasil yang sama.

    Mereka mungkin merasa lebih baik secara singkat, tetapi itu tidak pernah berlangsung. Dan itu tidak bisa bertahan karena masalahnya ada di persepsi mereka, dan Anda tidak bisa "membuat" mereka mengubah persepsi itu. (Peringatan penting untuk alasan ini adalah bahwa itu tidak berlaku jika Anda telah mendapatkan ketidakpercayaan mereka).

    Orang-orang yang secara kronis tidak aman (insecure) dalam hubungan mereka umumnya merasa tidak layak, tidak memadai, atau tidak dapat dicintai. Sebanyak mungkin Anda tidak setuju dengan persepsi ini sendiri, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya - merekalah satu-satunya yang dapat melakukannya. Namun, Anda dapat mendukung, mendorong, dan memelihara perubahan ini.

    Langkah pertama yang penting adalah benar-benar mendengarkan ketika mereka mengekspresikan rasa tidak aman mereka. Alih-alih berdebat, beri tahu pasangan Anda bahwa Anda pendengar setia. Beri tahu mereka bagaimana persepsi diri mereka memengaruhi Anda, tunjukkan rasa belas kasih yang Anda rasakan.

    Anda mungkin mengatakan sesuatu seperti, "Itu membuat saya sedih melihat kamu merasa sangat marah pada diri sendiri dan malu pada diri sendiri. Dan saya hanya berharap kamu merasa lebih baik tentang kamu."

    Kemudian Anda mungkin masuk, "Ini juga sangat sulit karena bukan bagaimana saya melihat kamu sama sekali. Kamu benar-benar luar biasa di mata saya." Perhatikan bahwa pernyataan terakhir tidak berfokus untuk mengubah pikiran pasangan Anda, tetapi lebih menekankan bahwa Anda melihat dia secara berbeda. Dengan tidak secara langsung menantang persepsi diri apa pun, pasangan Anda mungkin lebih terbuka untuk melihat diri mereka secara berbeda.

    Jika pasangan Anda menjadi melekat atau bertindak dengan cara tidak aman apa pun yang mengganggu Anda, coba tanyakan apa yang terjadi pada mereka. Dengarkan dengan cara yang menghubungkan Anda dengan apa yang mereka rasakan - bahkan jika Anda tidak setuju dengan persepsi mereka.

    Sebanyak orang yang tidak aman mungkin ingin pasangannya terus meyakinkan mereka, dan pasangan mereka mungkin ingin menawarkan jaminan seperti itu, pendekatan itu terlalu sering pada akhirnya menyebabkan ketakutan yang meningkat dan frustrasi yang meningkat.

    Tetapi ketika pasangan yang aman secara konsisten mencintai, mendukung pasangan yang diliputi kecemasan dalam mempertimbangkan kembali ketakutan mereka, dan mendorong pasangan itu untuk mengembangkan persepsi diri yang lebih positif, maka perubahan positif cenderung terjadi.

    Seiring berjalannya waktu, pasangan yang cemas mengembangkan kasih sayang diri yang lebih besar ketika mereka bergulat dengan kesadaran diri mereka yang tumbuh tentang rasa tidak aman mereka. Pasangan yang khawatir dapat menyerap pesan-pesan cinta, merasa lebih positif terhadap diri mereka sendiri dan lebih percaya pada pasangannya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id