Tips Berpakaian Trendi dan Nyaman Saat Hamil

    Anda Nurlaila - 11 Maret 2019 15:55 WIB
    Tips Berpakaian Trendi dan Nyaman Saat Hamil
    Kehamilan tidak membatasi Anda menggunakan denim. Tetapi agar lebih nyaman, gunakan pakaian denim bahan khusus biasa disebut jeans hamil. (Foto: Courtesy of Glamour.com)
    Padu padan pakaian hamil tetap bisa membuat Anda stylist. Stella Bugbee selaku Presiden dan kepala editor Majalah The Cut mengatakan baiknya Anda memutuskan membeli barang yang dapat dipakai selama mungkin dan bisa dipadupadan dengan fashion item lain.


    Jakarta:
    Perubahan fisik selama kehamilan membuat ibu hamil harus pintar memilih padanan busana. Tubuh yang membesar, kaki yang membengkak terutama di bulan-bulan terakhir tentu memerlukan penampilan yang berbeda dari sebelum hamil. 

    Konsultan mode, stylist, dan mantan direktur mode di Real Simple Victoria Sanchez Lincoln mengatakan hamil memerlukan gaya pakaian berbeda dibanding sebelum hamil. 

    Dengan padu padan pakaian yang sudah di miliki dan beberapa tambahan, Anda tetap bisa tampil maksimal saat sedang hamil. Mengutip Glamour, ada beberapa tips berpakaian selama kehamilan:

    1. Pertimbangkan membeli barang yang awet dipakai 

    "Saat memutuskan membeli barang, beli yang dapat dipakai selama mungkin dan bisa dipadupadan dengan fashion item lain," saran Presiden dan kepala editor Majalah The Cut Stella Bugbee. 

    Selama hamil, tubuh berubah setiap bulan, sehingga dia menyarankan membeli hanya 1-2 barang untuk kebutuhan kehamilan per bulan. Pakaian dalam dan celana panjang yang dapat melar mengikuti bentuk perut adalah salah satu yang wajib dimiliki. 

    2. Lihat isi lemari pakaian

    Banyak pakaian sebelum hamil yang masih dapat digunakan saat hamil. Nasiba Adilova, salah seorang pendiri The Tot mengatakan gaun longgar plus blazer dapat digunakan bekerja. 

    "Kenakan rok lebih tinggi di pinggang Anda, atau kenakan ikat pinggang di gaun untuk memberi kesan pinggang lebih ramping meski sedang hamil. Gaun bermotif garis vertikal juga membantu membentuk kesan lebih langsing saat tubuh mulai membesar.

    (Baca juga: Modest Fashion Summit 2018 Sebagai Momen Pertemuan Pebisnis Modest Fashion Dunia)

    Tips Berpakaian Trendi dan Nyaman Saat Hamil
    (Ikat pinggang dapat dipadupadankan dengan gaun dan blazer. Selain memberi kesan pinggang, ikat pinggang juga membantu punggung tetap tegak selama hamil. Foto: Courtesy of Glamour.com)

    3. Tiru gaya selebritas saat hamil

    Banyak selebritas harus menyembunyikan perut saat hamil karena tuntutan pekerjaan. Anda juga dapat melakukannya. Salah satunya menggunakan blazer longgar panjang yang dibiarkan terbuka. Hamil tak harus mengubah penampilan secara drastis.

    4. Pilih alas kaki yang nyaman 

    Pemilihan sepatu dan alas kaki penting agar kehamilan tetap aman. Sepatu bertumit tinggi dapat diganti dengan sepasang sepatu kets atau sepatu bot bertumit datar. Daripada menggunakan pakaian yang ketat, sebaiknya pakai pakaian yang nyaman dan fleksibel seperti legging.

    5. Konsisten dengan gaya tertentu

    Pakaian dengan potongan tertentu dapat membantu menyederhanakan gaya selama hamil. Direktur mode di Conde Nast Traveler Sarah Meikle mengatakan, gaun dan mantel ayun berpotongan A-line membantunya tampil modis namun tetap nyaman selama hamil. 

    6. Buat "koleksi kehamilan" 

    Di usia kandungan tujuh atau delapan bulan, pertimbangkan membuat "lemari kehamilan" mini dari semua pakaian yang Anda miliki. Kumpulkan semua pakaian yang masih dapat dikenakan dan tetap nyaman saat perut dan tubuh makin membesar. 

    Ini dapat menghindari frustasi saat memilih baju. Sanchez Lincoln merekomendasikan beberapa pakaian nyaman seperti legging, kemeja dan blus nyaman, gaun, serta jaket disimpan dalam bagian lemari khusus.  

    7. Ikat pinggang

    Ikat pinggang dapat dipadupadankan dengan gaun dan blazer. Selain memberi kesan pinggang, ikat pinggang juga membantu punggung tetap tegak selama hamil.

    8. Sewa untuk pernikahan dan acara formal 

    Sanchez Lincoln menyarankan jika harus menghadiri acara formal seperti pernikahan pertimbangkan menyewa gaun daripada membeli yang baru. 

    9. Denim hamil 

    Kehamilan tidak membatasi Anda menggunakan denim. Tetapi agar lebih nyaman, gunakan pakaian denim bahan khusus biasa disebut jeans hamil. Satu-dua potong jin dan legging hamil adalah fashion item yang dapat mendukung penampilan dan ringan dipakai ibu hamil.

    10. Simpan pakaian hamil 

    Setelah kelahiran bayi, Anda masih membutuhkan pakaian-pakaian tersebut dalam enam bulan ke depan sebelum baju lama kembali muat. Saat ini telah banyak produsen pakaian yang menjual baju yang dapat dipakai sebelum, selama dan setelah kehamilan. 






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id