Beragam Manfaat Menerapkan Stay at Home untuk Keluarga

    Raka Lestari - 02 April 2020 12:11 WIB
    Beragam Manfaat Menerapkan Stay at Home untuk Keluarga
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Dalam melakukan pencegahan covid-19 di Indonesia, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan stay at home. Begitu juga dengan anak-anak yang biasanya belajar di sekolah, pada saat ini disarankan untuk belajar dari rumah dengan bimbingan orang tua. Meskipun mungkin sedikit merepotkan, melakukan stay at home memiliki beberapa manfaat bagi keluarga.

    Stay at home yang ada saat ini merupakan suatu kesempatan bagi keluarga bagaimana bisa bersama kembali. Mungkin ini saatnya di mana para keluarga bisa ngobrol bersama tidak dibatasi oleh gadget, bisa melakukan kegiatan-kegiatan bersama, membangun satu teamwork bersama, bisa makan bersama, bisa beribadah bersama,” ujar Astrid Gonzaga Dionisio, Child Protection Specialist dari UNICEF Indonesia, pada Konferensi Pers di Kantor Graha BNPB, Kamis, 2 April 2020.

    Astrid menambahkan bahwa dengan melakukan stay at home, hal-hal yang mungkin selama ini sulit dilakukan terutama karena kesibukan bisa dilakukan.

    Stay at home saat ini bisa menjadi kesempatan untuk kita merajut komunikasi yang baik dengan anak-anak kita dan dengan keluarga,” ujar Astrid.

    “Namun memang ada banyak tantangan yang meliputi dalam melakukan stay at home ini. Apakah kita sebagai orang tuua siap untuk mendampingi anak secara penuh di rumah? Karena biasanya mungkin orang tua hanya menyiapkan keperluan anak sekolah, ada guru di sekolah yang mengajarkan mereka,” sambungnya.

    Selain itu, tantangan lainnya juga yang mungkin ditemukan oleh orang tua adalah mengatasi anak-anak yang merasa bosan.

    “Anak-anak yang dinamis dan enerjik ini biasanya ingin sekali bermain bersama teman-temannya, apalagi anak remaja. Anak remaja biasanya lebih senang bermain bersama teman-temannya daripada orang tua,” ujar Astrid.

    “Tantangan berikutnya adalah fasilitas. Mungkin tidak semua anak punya fasilitas online secara lancar. Hal itu mungkin menyebabkan anak-anak mendapatkan nilai yang lebih rendah dibandingkan teman sebayanya karena tidak ada fasilitas yang mumpuni di rumah,” ujar Astrid.

    Oleh karena itu, ia menyarankan orang tua agar bisa mencari bantuan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Seperti dari keluarga besar atau masyarakat di lingkungan sekitar sambil tetap melakukan upaya untuk mencegah penyebaran covid-19.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id