Trik Pintar Memilih Warna Cat Eksterior Rumah

    Anda Nurlaila - 29 Februari 2020 17:05 WIB
    Trik Pintar Memilih Warna Cat Eksterior Rumah
    Tidak ada yang salah dengan warna netral klasik, tetapi sedikit warna berani dibutuhkan untuk mengangkat level eksterior rumah yang biasa menjadi luar biasa. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Siap memberi rumah Anda tampilan baru yang segar? Tingkatkan daya tarik dan penampilan eksterior hunian dengan memakai kombinasi cat. 

    Paduan warna pada eksterior rumah dapat langsung membuat rumah Anda layak masuk akun medsos atau instagramable. Seperti dimuat dalam Better Homes and Gardens, warna dipakai untuk menonjolkan fitur arsitektur, melengkapi lansekap di sekitarnya, atau membuat tampilan rumah yang lebih bergaya.

    Untuk mengubah eksterior rumah, Anda perlu membandingkan lebih dulu tiga rumah dengan gaya berbeda sebelum menggunakannya pada rumah sendiri. Ada beberapa tips jitu untuk membuat rumah Anda semakin nyaman dan cantik. 

    Jangan: Abaikan Potensi Warna

    Tidak ada yang salah dengan warna netral klasik, tetapi sedikit warna berani dibutuhkan untuk mengangkat level eksterior rumah yang biasa menjadi luar biasa. Rumah bergaya rumah pertanian ini masih memiliki elemen putih tradisional tetapi menawarkan rona aprikot cerah. Ditambah lagi kontras dengan atap berwarna logam hijau tua. Adapun warna kuning akan memberi suasana hangat dan ramah.

    Lakukan: Bermain dengan Tekstur

    Perpaduan cat matte dan mengkilap menambah daya tarik visual berkat efek  kontras, bahkan jika cat berasal dari jenis warna dasar yang sama. Pilihan terbaik adalah menggunakan lapisan matte di dinding rumah dan warna mengilap untuk mencipta elemen dekoratif yang menonjol. Cat yang memantulkan cahaya berkilau dapat menarik mata ke elemen arsitektur. 

    Lakukan: Gunakan Repetisi 

    Gunakan warna berulang-ulang pada eksterior rumah untuk tampilan yang kohesif. Cat abu-abu hijau dapat diaplikasikan pada pinggang jendela dan pintu depan rumah. Keteduhan dapat Anda munculkan pada bagian luar rumah menggunakan warna kuning pucat tanpa menyalipnya. Warna ini juga mencerminkan rona atap yang berhasil mengikat fasad. 

    Lakukan: Percaya Kombinasi Warna Alam

    Lansekap dapat memberi ide bagaimana penampilan eksterior rumah yang akan tampak bagus dengan sekelilingnya. Pepohonan dengan nuansa hijau akan kaya warna seperti merah, coklat dan keemasan saat perubahan musim.Kombinasi alam ini dapat mempercantik eksterior rumah  jika Anda  menggunakan cat berwarna hijau, coklat, dan tembaga.

    Jangan: Terlalu Seragam

    Warna yang terlalu banyak akan membuat rumah Anda terlihat tidak menarik dan membosankan. Untuk menghindari hal ini, pilih warna untuk pintu depan yang bertolak belakang dengan warna utama tetapi mengikat ke elemen lain. Warna coklat kemerahan yang kaya pada pintu secara halus mencerminkan panel atap tembaga.

    Lakukan: Gunakan Warna Gelap dengan Cerdas

    Cat yang terlalu gelap bisa memberatkan bagian depan rumah Anda dan membuatnya tampak suram. Trik agar warna lebih seimbang adalah mengecat dua pertiga bagian luar rumah dengan warna yang lebih terang. Coklat tua dengan banyak aksen putih membuat barang-barang tetap cerah namun tetap memberikan banyak kontras.

    Jangan: Meremehkan Warna Kayu

    Kayu memiliki beragam pilihan warna dan dapat menghangatkan atau mendinginkan warna eksterior lainnya. Atap dan dek rumah ini menampilkan nada kayu yang hangat, mencegah bagian depan berwarna cokelat dan putih kontras yang terlalu mencolok.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id