Solusi Percakapan yang Sulit dengan Pasangan

    Timi Trieska Dara - 25 Agustus 2019 12:04 WIB
    Solusi Percakapan yang Sulit dengan Pasangan
    Berikut adalah beberapa cara berbicara dengan pasangan dan tempat mencari dukungan dan informasi. (Foto: Pexels.com)
    Hubungan bisa sangat menantang. Terkadang Anda dan pasangan mungkin tidak saling bertatap mata dalam berkomunikasi. Jika Anda perlu melakukan percakapan yang sulit, Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana atau harus berkata apa. Penting untuk memberi tahu pasangan tentang perasaan Anda, tetapi tetap fokus pada masalah utama yang ingin Anda bicarakan. Fokus pada bagaimana yang Anda inginkan.


    Jakarta: Hubungan tak harus selamanya tanpa konflik. Jika ini terjadi pastikan Anda menyisihkan waktu untuk mengobrol. Pilih waktu yang tepat untuk berbicara, ketika Anda tahu Anda berdua akan tenang dan dapat menghabiskan waktu memikirkan semuanya. Jika Anda memiliki anak, sebaiknya pastikan mereka tidak terlibat dalam percakapan. Akan lebih mudah untuk berbicara tanpa gangguan.

    Bersabar

    Bersiaplah untuk bersabar, karena pembicaraan mungkin memakan waktu cukup lama. Jujurlah tentang perasaan Anda. Dengarkan apa yang dikatakan pasangan Anda, dan pikirkanlah. Menerima perbedaan pasangan dapat membantu Anda menjadi lebih sabar dan pengertian. Ingat, ada kemungkinan Anda salah.

    Fokus pada masalah

    Penting untuk memberi tahu pasangan tentang perasaan Anda, tetapi tetap fokus pada masalah utama yang ingin Anda bicarakan. Fokus pada bagaimana yang Anda inginkan; bukan pada apa yang Anda rasa pasangan telah melakukan kesalahan. Menggunakan pernyataan "Saya," seperti "Saya merasa kesal ketika ...," dapat lebih mudah bagi pasangan Anda daripada mendengar kritik dan "menjatuhkan."

    Jika Anda bisa fleksibel dengan apa yang pasangan Anda butuhkan, mereka lebih cenderung fleksibel dengan Anda. Mengetahui apa yang paling penting dan paling tidak penting bagi Anda dapat membantu Anda bernegosiasi. Jika segalanya terlalu memanas, minta waktu istirahat. Kembali ke masalah ketika Anda berdua merasa lebih tenang.

    Solusi Percakapan yang Sulit dengan Pasangan
    (Penting untuk memberi tahu pasangan tentang perasaan Anda, tetapi tetap fokus pada masalah utama yang ingin Anda bicarakan. Foto: Pexels.com)

    Hormati perbedaan

    Anda dan pasangan pasti memiliki pandangan berbeda tentang beberapa hal. Asuhan Anda akan berperan dalam perasaan Anda dan ide-ide Anda tentang bagaimana hubungan bekerja dan cara membesarkan anak-anak.

    Anda dan pasangan mungkin memiliki gaya pengasuhan yang sangat berbeda. Tidak apa-apa untuk tidak setuju dan dapat membantu mengarahkan keputusan yang akan bekerja untuk kalian berdua.

    Menjadi orang tua terkadang bisa berarti Anda kehilangan identitas dan rasa diri Anda. Meluangkan waktu untuk diri sendiri dan pasangan penting untuk hubungan dan kesehatan Anda.

    Jadilah pendengar yang aktif

    Aktif mendengarkan adalah benar-benar mendengar dan memahami apa yang orang lain katakan. Mengulang kembali pada pasangan Anda apa yang mereka katakan menunjukkan bahwa Anda telah mendengarnya. 

    Mudah untuk fokus pada apa yang ingin Anda katakan selanjutnya tapi tidak mudah tidak mendengarkan orang lain dengan cermat. Jika Anda khawatir Anda akan lupa apa yang ingin Anda katakan, itu bisa membantu untuk menuliskannya nanti.

    Jika Anda memiliki anak, baik bagi anak-anak untuk melihat orang tua mereka mengelola konflik dengan baik, dan belajar untuk bernegosiasi dan menyelesaikan masalah. Tetapi anak-anak yang sering mendengar perkelahian orang tua akan berdampak negatif pada kesehatan dan kebahagiaan mereka. Jauhkan anak-anak Anda dari segala konflik, dan ingatlah bahwa anak-anak tidak boleh memihak.

    Setelah Anda membuat kesepakatan, tulis dan coba untuk tetap menggunakannya. Itu dapat membantu menyetujui periode uji coba dan kemudian meninjaunya kembali.

    Ketahui dukungan Anda

    Dukungan dari teman dan keluarga, seperti kakek-nenek, dapat membantu Anda mengatasi masalah. Dapat juga membantu merujuk pada informasi tentang percakapan yang sulit dengan mertua atau kakek-nenek anak Anda.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id