Kesalahan-kesalahan saat Membeli Mainan untuk Hewan Peliharaan

    Raka Lestari - 15 Mei 2020 15:05 WIB
    Kesalahan-kesalahan saat Membeli Mainan untuk Hewan Peliharaan
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Memberikan mainan untuk hewan peliharaan merupakan cara yang mudah agar hewan peliharaan tidak merasa bosan, tetapi membeli mereka mainan tidaklah mudah. Beberapa pemilik hewan peliharaan terkadang melakukan kesalahan dalam membelikan mainan untuk hewan peliharaan mereka.

    Dikutip dari Insider, berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan para pemilik hewan peliharaan saat membeli mainan:

    -Membeli mainan yang terlalu keras

    Mason Romero, dokter hewan sekaligus penasihat di Betterpet mengatakan bahwa salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh para pemilik hewan peliharaan adalah membeli mainan yang terlalu keras untuk digigit.

    “Jangan memilih mainan yang terlalu keras karena hal ini dapat menyebabkan trauma pada gigi mereka.” Menurut McLean Animal Hospital.

    Salah satu cara untuk mengetahui apakah mainan tersebut terlalu keras atau tidak adalah dengan menekannya menggunakan jari. Jika sulit ditekan, maka itu terlalu keras.

    -Jangan gunakan tali

    Mainan yang menggunakan tali mungkin terlihat menyenangkan. Akan tetapi bisa juga membahayakan untuk hewan peliharaan.

    “Paling penting ketika membeli mainan adalah hindari membeli mainan yang terdapat tali. Jika hewan menelannya, maka bisa sangat berbahaya dibandingkan menelan mainan yang berbentuk bola,” ujar Romero.

    -Membeli mainan yang sama berulang kali

    Sama seperti manusia, hewan juga akan menyeleksi mainan-mainan yang akan mereka mainkan. Robert Ahn, seorang dokter hewan dan pensihat dari perusahaan kesehatan hewan MYOS RENS, mengatakan bahwa membelikan mainan yang sama berulang kali dapat membuat hewan merasa bosan.

    “Kucing dan anjing menyukai variasi dalam mainan mereka. Dengan menyediakan mainan yang beragam, Anda dapat mencegah hewan mengalami kebosanan," terangnya.

    -Jangan beli kulit mentah

    Banyak pemilik hewan peliharaan membeli kulit mentah sebagai alternatif alami dari mainan sintetis. Tetapi sebenarnya ini berbahaya untuk gigi mereka.

    “Mainan yang terbuat dari kulit mentah (rawhide) terlalu keras dan dapat menyebabkan kerusakan parah pada gigi, seperti patah tulang atau kerusakan pada bagian dalam gigi,” kata Romero.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id