Cara Menghilangkan Lumut dari Atap Rumah

    Timi Trieska Dara - 06 Februari 2020 14:04 WIB
    Cara Menghilangkan Lumut dari Atap Rumah
    Lumut tumbuh di daerah yang tidak tersentuh sinar matahari sehingga dapat berkembang. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Atap rumah Anda terlalu hijau? Jika dedaunan berlumut menutupi permukaan atap rumah Anda, saatnya untuk membersihkan.

    Lumut tumbuh di daerah yang tidak tersentuh sinar matahari, sehingga dapat berkembang dengan cepat di atap dengan pohon yang rindang.

    Lumut dapat menyebar dengan cepat melapisi permukaan atap, mengisi kekosongan antara sirap dan genteng dan menjangkau ke bawah dan mengangkat material atap. Celah ini memungkinkan air hujan dan uap air lainnya meresap ke dalam struktur atap yang menyebabkan kerusakan.

    Sebelum Anda membersihkan lumut dari atap, Anda harus mempertimbangkan bagaimana Anda ingin membunuh tanaman dan kemudian menghapus lapisan lumut yang mati. Kemudian, Anda harus melakukan beberapa tindakan defensif untuk mencegah lumut di atap mendapatkan tumpuan nantinya.

    Para ahli menyarankan Anda menghilangkan lumut atap pada hari berawan sebab produk pembersih atap, yang harus dibiarkan menyerap ke dalam lumut setidaknya selama 20 menit, tidak akan menguap secepat yang akan terjadi pada hari yang cerah. Lumut dapat dihilangkan secara fisik (dengan air dan sikat), secara kimia, atau dari keduanya.

    Gunakan pembunuh lumut paling tidak beracun; solusi kimia dapat mempengaruhi lingkungan, serta merusak tanaman gantung yang tumbuh di bawah atap. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan larutan pemutih atau perawatan lumut atap siap pakai lainnya, lindungi tanaman terdekat dengan terpal plastik.

    Berikut adalah beberapa solusi penghapusan lumut yang dapat Anda beli atau buat sendiri, seperti dilansir Better Homes & Gardens:

    Perawatan Lumut Atap

    Beberapa pembersih siap pakai — seperti Wet and Forget Liquid Mold Remover — dapat dicampur dan diaplikasikan sesuai instruksi pabrik dan dibiarkan untuk membunuh lumut tanpa pembilasan yang diperlukan. Yang lain, seperti Bayer's Advanced Moss dan Algae, tersedia dalam semprotan siap pakai yang dapat dihubungkan ke selang Anda.

    Pastikan untuk mengikuti rekomendasi pencampuran dan aplikasi untuk memastikan keselamatan Anda dan melindungi genteng dan tanaman dari kerusakan.

    Anda juga bisa membuat pembasmi lumut atap Anda sendiri — yang umumnya lebih tidak beracun daripada rekan-rekan kimianya. Pemutih klorin menghilangkan lumut dan jamur, tetapi bisa merusak tanaman, jadi encerkan sebelum disemprotkan ke atap rumah. Formula yang bagus, campurkan 1 liter pemutih dengan 1 galon air dan 1/4 cangkir pembersih berat seperti trisodium fosfat (jangan gunakan pembersih berbasis amonia karena mereka menciptakan asap beracun ketika dicampur dengan pemutih).

    Atau, buat larutan yang ramah lingkungan dari 1 cangkir pemutih oksigen dan 1 galon air. Pakar perbaikan rumah, Bob Vila mengatakan Anda juga bisa mencampur 8 ons cairan pencuci piring Dawn atau 1½ hingga 3½ cangkir cuka putih dengan 2 galon air.

    Tuangkan larutan ke dalam semprotan kebun; pilih penyemprot tipe ransel, yang akan lebih aman digunakan jika Anda memanjat dan berdiri di tangga.

    Setelah Anda memutuskan solusi menghilangkan lumut, inilah saatnya untuk memulai. Ikuti petunjuk langkah demi langkah ini untuk membersihkan lumut atap dan serpihan lain yang menumpuk di atas rumah Anda!

    Membasmi Lumut dari Genteng

    Pelajari cara menghapus lumut dari atap dengan instruksi berikut ini. Inilah yang akan Anda butuhkan:

    - Kacamata atau kacamata pengaman
    - Sarung tangan karet
    - Tali pengaman
    - Pakaian kerja, topi untuk melindungi rambut Anda, dan
    - alas kaki anti slip
    - Tangga
    - Selang taman dilengkapi dengan nozzle semprotan
    - Pembasmi lumut pilihan
    - Semprot pompa gaya kebun atau botol semprotan besar
    - Sikat
    - Sikat bulu lembut bergagang panjang
    - Power washer (opsional, lihat catatan)

    1. Apa pun metode yang Anda pilih, Anda akan menjadi kotor, jadi berpakaianlah dengan tepat! Kenakan pakaian lama, kacamata keselamatan, sarung tangan karet, topi, dan sepatu anti slip. Siapkan tali pengaman atau tali kekang jika Anda menuju puncak atap.

    2. Tutupi tanaman terdekat dengan terpal plastik. Atur tangga dengan aman di tempatnya, ambil selang, dan mulailah memanjat.

    3. Semprotkan semua bagian atap yang tertutup lumut dengan air. Selalu bekerja dari atas atap ke bawah untuk memastikan air mengalir dari atap sehingga air atau alat tidak akan mengangkat dan menghancurkan sirap dan genteng.

    4. Sebelum menerapkan pembasmi lumut, gunakan sikat gosok atau sikat berbulu lembut untuk mengikis atau mencabut lumut dengan lembut dari sirap atap atau genteng. Kerjakan satu bagian kecil pada satu waktu, yang memungkinkan Anda mengontrol sikat dan gerakan menggosok dengan lebih baik. Gerakkan sikat ke bawah untuk melindungi genteng dari kerusakan.

    5. Masih butuh solusi kimia? Gunakan penyemprot pompa atau botol semprot besar untuk mengoleskan pembasmi lumut. Basahi lumut dan diamkan sesuai dengan instruksi pabrik. Menggunakan pembasmi lumut buatan sendiri? Biarkan selama 20 menit.

    6. Ambil selang, naiki tangga, dan bilas larutan penghapus lumut dan lumut yang sudah mati. Buang lumut yang tersisa dengan sikat, dan bilas atap lagi.

    7. Atau, Anda dapat menggunakan mesin cuci listrik (power washer) untuk membersihkan lumut, tetapi ada beberapa peringatan untuk dipertimbangkan.

    Pertama, Anda perlu memastikan bahwa sirap atap dan genteng tidak pecah, terkelupas, atau rusak, karena air yang diaplikasikan pada tekanan tinggi cenderung memperbesar kerusakan dan meresap melalui celah apa pun. Juga, saat menggunakan mesin cuci listrik, Anda harus berdiri di atap di atas sehingga Anda dapat mengarahkan mesin cuci listrik ke arah bawah. Jika Anda memilih metode ini, gunakan pencuci pada pengaturan tekanan serendah mungkin.

    Mencegah Lumut Kembali

    Untungnya, ada langkah-langkah pencegahan yang dapat Anda gunakan untuk menjaga atap bebas lumut. Pertama, biarkan sinar matahari masuk! Potong cabang yang menjorok ke atap Anda, jauhkan selokan dari puing-puing, dan secara teratur buang pengumpul kelembaban, seperti daun, cabang, dan biji benih, yang menumpuk di atap dan mendorong lumut untuk tumbuh.

    Solusi jangka panjang terbaik? Pasang strip seng (Z-Stop) atau strip logam berlapis seng di bawah puncak atap atau punggungan atap; saat hujan, air mengalir di atas strip logam yang mencairkan partikel seng yang tahan lumut, yang menempel pada sirap atap dan genteng untuk menghentikan pembentukan lumut baru.

    Bekerja dengan aman, cerdas, dan secara strategis menjamin operasi penghilangan lumut akan berjalan dengan lancar; langkah-langkah pencegahan ini berarti atap Anda akan bebas dari lumut dalam waktu cukup lama hingga bertahun-tahun.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id