Tips bagi Wanita Hamil pada Trimester Akhir Menghadapi Banjir

    Raka Lestari - 26 Februari 2020 06:09 WIB
    Tips bagi Wanita Hamil pada Trimester Akhir Menghadapi Banjir
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Banjir merpakan salah satu bencana alam yang cukup sering terjadi akhir-akhir ini. Salah satu penyebab terjadinya banjir adalah faktor cuaca, seperti curah hujan yang cukup tinggi.

    Pada saat banjir, kesehatan tubuh juga perlu dijaga karena biasanya banjir menyebabkan beberapa penyakit. Seperti diare, leptospirosis, dan berbagai macam penyakit lainnya.

    Banjir juga perlu diwaspadai bagi wanita hamil. Terutama bagi yang sudah memasuki trimester ketiga. Jika terkena, penyakit kemungkinan besar juga dapat berdampak pada janin yang sedang dikandung.

    Dokter. Ivander Utama, F,MAS,SpOG, dokter spesialis kandungan dari RSIA Bunda Jakarta memberikan tips bagi wanita hamil yang sudah memasuki trimester ketiga:

    1. Mencuci tangan

    Selalu mencuci tangan dan tidak menyentuh area wajah dan mulut karena tangan mungkin mengandung bakteri seperti E.coli atau parasit seperti leptospira.

    2. Tempat kering

    Usahakan selalu berada di tempat kering atau mengenakan pakaian yang kering, atau segera ganti dengan pakaian kering. Hal ini untuk mencegah terjadinya hipotermi atau kondisi di mana suhu tubuh menurun drastis.

    3. Konsumsi protein

    Konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan tubuh. Selain itu, sayuran-sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung bisa meningkatkan kondisi daya tahan tubuh.

    4. Dokter kandungan

    Usahakan untuk selalu melakukan komunikasi secara aktif dengan dokter kandungan yang biasa melakukan konsultasi kehamilan. Segala keluhan yang tidak biasa sebaiknya harus disampaikan ke dokter kandungan.

    5. Dilarang kekurangan air bersih

    Kebersihan badan juga merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Kekurangan air bersih dan infeksi pada vagina bisa menimbulkan ketuban pecah dini hingga persalinan prematur.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id