Pentingnya Memilih Mainan untuk Anak

    Raka Lestari - 12 November 2019 19:05 WIB
    Pentingnya Memilih Mainan untuk Anak
    Acara ELC 50 Gifts Inspire Play bersama Putri Marino (kiri) (Foto: Raka/Medcom.id)
    Jakarta: Fungsi dasar mainan adalah membuat waktu bermain lebih menyenangkan. Dengan memberikan mainan edukatif maka akan membantu anak mengrmbangkan kemampuan dasar mereka seperti pemikiran kognitif, sensorik, motorik dan kreativitas mereka.

    Namun, tak sedikit orang tua yang mengalami kesulitan memilih mainan yang tepat untuk anak-anak mereka. Febiana Pratomo, M.Psi, Psikolog Klinis Anak dari Rumah Dandelion menjelaskan, perlunya perhatian orang tua dalam memilih mainan yang tepat untuk anak.

    "Memilih mainan yang tepat dapat memberikan anak beragam manfaat untuk tumbuh kembang mereka. Seperti pemikiran kognitif, saran sensorik, saraf motorik kasar dan halus, serta mengasah kreativitas anak. Dengan kegiatan bermain bersama anak, hubungan orang tua dan anak pun semakin lekat," ujar Febi dalam acara ELC 50 Gifts Inspire Play, Selasa, 12 November 2019.

    Febby juga menambahkan bahwa orang tua harus sangat jeli dalam memilih mainan yang akan diberikan sebagai hadiah untuk anak mereka. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah: usia anak, manfaat mainan tersebut, kesukaan anak pada saat itu, dan keamanan mainan tersebut.

    Pentingnya Memilih Mainan untuk Anak
    Febiana Pratomo, M.Psi, Psikolog Klinis Anak. (Foto: Raka/Medcom.id)

    "Banyak yang mengabaikan label usia, padahal sebenarnya memberikan mainan yang tepat sesuai usia anak merupakan hal yang harus diutamakan karena anak mempunyai pemahaman dan kemampuan yang berbeda di setiap tahapan usia," ujar Febi.

    Selain menyenangkan, bermain dengan mainan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat pada anak yang terkait dengan tumbuh kembang mereka. Selain itu juga sebagai sarana eksplorasi untuk mengaktifkan panca indera mereka. Kemudian juga dapat merangsang daya pikir, motorik halus dan kasar, memperkuat otot, dan dapat mengasah kreativitas serta daya imajinasi mereka.

    "Ketika hendak memberikan hadiah kepada anak, dapat dilihat pula kesukaan anak pada saat itu. Hal ini karena pada usia tertentu anak sudah mulai bisa mengetahui apa yang mereka sukai, namun orang tua harus tetap harus melihat apakah mainan tersebut sesuai dengan usianya dan aman untuk dimainkan," lanjut Febi.

    Menurutnya, hal yang perlu dipertimbangkan dalam keamanan mainan adalah jenis bahan yang digunakan, choking hazard, dan wadah atau plastik pembungkusnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id