Ini Hasil Analisis Digital tentang Gaun White-Gold atau Blue-Black

    03 Maret 2015 16:10 WIB
    Ini Hasil Analisis Digital tentang Gaun <i>White-Gold</i> atau <i>Blue-Black</i>
    Hasil analisis digital tentang perbedaan warna sebuah gaun. Foto: Twitter
    medcom.id, Jakarta: Beberapa waktu ini, muncul pro-kontra mengenai warna sebuah gaun yang diposting ke media sosial.

    Ada yang bilang baju itu berwarna putih-emas, tapi ada juga yang mengklaim itu adalah warna biru dan hitam. Lalu mana yang benar?

    Foto gaun tersebut pertama kali diposting di Tumblr oleh Caitlin McNeill, calon penyanyi 21 tahun dari Skotlandia setelah teman-temannya melihat warna yang berbeda dalam foto.

    Gambar gaun tersebut telah menjadi perdebatan online, bahkan Kim Kadarshian meminta 29,4 juta pengikutnya di Twitter untuk membantu menyelesaikan perselisihan antara dia dan suaminya, Kanye West.

    Foto asli gaun itu diambil oleh Cecilia Bleasdale. Ia membelikan gaun tersebut untuk pernikahan putrinya, Grace.  Dia mengirimkan gambar gaun itu ke pengantin pria. Mulai dari situlah muncul perbedaan pendapat.

    Setelah pasangan pengantin memposting gambar tersebut di Facebook, perselisihan pun mencuat. Beberapa mengatakan itu putih dan emas, sedangkan yang lain bersikeras itu biru dan hitam.

    Sebenarnya apa yang terjadi? Berikut penjelasannya.

    Ada ilmu di balik alasan mengapa beberapa orang melihat hitam dan biru sementara yang lain yakin bahwa mereka melihat emas dan putih. Jawaban yang sederhana adalah bahwa gambar tersebut adalah ilusi optik.

    Benda memantulkan cahaya pada panjang gelombang tertentu, atau warna, dan otak manusia menentukan warna dari suatu objek dengan mengambil cahaya yang dipantulkan. Tapi persepsi ini bisa kehilangan keseimbangan dengan warna benda-benda di dekatnya.

    Wired.com menunjukkan analisis digital dari foto gaun menunjukkan bahwa salah satu tempat trim hitam sebenarnya orange di foto.

    Dengan demikian, orang-orang yang menganggap daerah sekitarnya gelap cenderung melihat biru dalam gaun putih dan warna hitam seperti emas. Itu semua hanya tergantung pada cara bahwa otak merasakan dan proses warna.

    "Saya telah mempelajari perbedaan individu dalam penglihatan warna selama 30 tahun, dan ini adalah salah satu perbedaan terbesar individu yang pernah saya lihat," kata Jay Neitz dari University of Washington Neuroscience.

    Dia sendiri melihat gaun tersebut berwarna emas dan putih. (Ningtriasih/Dailymail)

    (PRI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id