Berburu Menu Buka Puasa di Pasar Benhil

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 15 Mei 2019 17:28 WIB
    Berburu Menu Buka Puasa di Pasar Benhil
    Pedagang menjajakan penganan dan masakan di Pasar Benhil, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Mei 2019. Medcom.id/Syahrul Ramadhan.
    Jakarta: Pasar Benhil di Jakarta Pusat menjadi salah satu tempat favorit umat muslim mencari menu iftar atau buka puasa. Aneka sajian kuliner tersedia dari takjil hingga makanan berat.

    Pasar yang berdekatan dengan pusat perkantoran di Jalan Sudirman ini merupakan lokasi kuliner favorit saban tahun. Pantauan Medcom.id, masyarakat mulai menyemut di lokasi pasar sekitar pukul 16.00 WIB.

    Setidaknya ada 45 stan yang berdiri di lokasi itu, mereka menjual penganan hingga nasi dan lauk pauk. Penganan seperti kue, gorengan, klepon, tertata rapi di atas piring. Es blewah dan es buah yang terlihat segar juga dipajang di bagian depan stan penjual.

    Masakan seperti ayam bakar, pecel, dan gudeg, juga dijajakan beberapa penjual. Para penjual pun bersemangat menarik perhatian pembeli.

    Tak jarang, para penjual menyelipkan candaan untuk menarik perhatian masyarakat. "Dipilih sendiri bebas pilih, beli gorengan gratis cabe," kata salah seorang penjual, Rabu, 15 Mei 2019.

    Yamin, penjual kue dan gorengan, mengaku selalu berdagang di sini setiap Ramadan. Dagangannya pun laris dibeli masyarakat sekitar atau pegawai kantoran yang kebetulan pulang kerja.

    "Paling laris gorengan, bisa terjual 200 biji," kata Yamin.

    Baca: Metro TV-Baznas Gelar Buka Puasa Bersama Ribuan Anak Yatim

    Yamin dan koleganya punya cara unik memberitahukan dagangan mereka yang habis. Ia biasanya melakukan selebrasi dengan koleganya sebagai bentuk syukur.

    "Horee..., habis," sontak membuat pembeli kaget dan tertawa.

    Para pembeli tak cuma menghabiskan waktu membeli penganan dan masakan. Mereka juga terlihat asik menjepret setiap makanan yang tertata rapi di meja pedagang.

    Pasar Benhil terlihat ramai sekitar pukul 17.00 WIB, para pembeli mulai menyesaki pasar dan berebut penganan untuk dibeli. Hal ini membuat pembeli kurang leluasa memilih penganan dan masakan favorit.

    Pasar Benhil juga tak menyediakan tempat duduk atau meja. Para pembeli tak bisa berbuka puasa di pasar itu. Tapi, sekitar 500 meter dari pasar terdapat Masjid Al-Falah yang bisa dijadikan persinggahan sembari beribadah. Pembeli bisa berbuka puasa sembari menunaikan ibadah salat Maghrib di masjid itu.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id