Regulasi Mengurus SIKM Menunggu Lampu Hijau BSSN

    Kautsar Widya Prabowo - 05 Mei 2021 00:37 WIB
    Regulasi Mengurus SIKM Menunggu Lampu Hijau BSSN
    Pemudik menaiki bus tujuan Jawa Tengah-Jawa Timur yang akan mengangkut mereka di Terminal Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Minggu, 2 Mei 2021. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan standar operasional prosedur (SOP) mengurus surat izin keluar masuk (SIKM) segera rampung. Aturan itu dapat digunakan di seluruh kelurahan saat larangan mudik Lebaran 2021 berlaku.

    "Tinggal sinkronisasi dengan tanda tangan lurah karena tanda tangan otomatis digital perlu persetujuan dari BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara)," ujar Syafrin di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.






    Setelah BSSN menyetujui SOP tersebut, aturan segera diteken Gubernur DKI Anies Baswedan. Aturan itu akan berbentuk keputusan gubernur (kegub).

    "Hari ini mudah-mudahan segera (terbit kepgub)," tutur dia.

    Masyarakat yang dikecualikan bepergian saat larangan mudik Idulfitri 1442 Hijriah dapat mengurus SIKM di 267 kelurahan. Penerbitan SIKM dipastikan tidak membutuhkan waktu lama asalkan warga memenuhi persyaratan.

    "Paling lama dua hari. Tim pelayanan terpadu satu pintu kelurahan standby 1x24 jam," jelas dia.

    Masyarakat dikecualikan bepergian saat larangan mudik dengan alasan mendesak. Hal ini meliputi momen dukacita, menjenguk keluarga, hingga mendampingi ibu hamil.

    Persyaratan mengurus SIKM berpedoman pada Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Lebaran. Aturan itu mengatur ketentuan perjalanan selama 6-17 Mei 2021.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id