Jokowi Dijadwalkan Salat Idulfitri di Istana Bogor

    Nur Azizah - 12 Mei 2021 15:26 WIB
    Jokowi Dijadwalkan Salat Idulfitri di Istana Bogor
    Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-95 NU secara virtual, Sabtu, 30 Januari 2021. Foto: BPMI



    Jakarta: Presiden Joko Widodo dijadwalkan menunaikan ibadah salat Idulfitri 1442 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Salat akan dilaksanakan bersama keluarga inti dan sejumlah staf.

    "Presiden rencananya salat Id di Istana Bogor dengan Ibu Negara (Iriana) dan keluarga," kata Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono di Jakarta, Rabu, 12 Mei 2021.

     



    Heru menyampaikan tidak ada persiapan khusus untuk kegiatan tersebut. Namun, salat Idulfitri itu akan tetap mematuhi protokol kesehatan.

    "Karena itu (agenda) intern juga," ujar dia.

    Baca: Simak, Berikut Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah

    Di sisi lain, Kementerian Agama menerbitkan Surat Edaran Nomor SE 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idulfitri Tahun 1442 H/2021 M di Saat Pandemi Covid-19. Panduan itu menjelaskan salat Id berjemaah di masjid dan lapangan hanya diperbolehkan di zona kuning dan hijau. 

    Masyarakat di zona merah dan zona oranye diimbau salat di rumah masing-masing. Salat Idulfitri yang dilaksanakan di masjid dan lapangan tidak boleh melebihi 50 persen dari kapasitas tempat. Panitia salat Idulfitri dianjurkan menggunakan alat pengecek suhu dan menyediakan tempat cuci tangan. 

    Warga lanjut usia yang kurang sehat, baru sembuh dari sakit, atau dari perjalanan disarankan tidak menghadiri salat Idulfitri di masjid. Seluruh jemaah diminta tetap memakai masker. Lalu, khotbah harus singkat dengan tetap memenuhi rukun khotbah, paling lama 20 menit. 

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id