Melepas Rindu Lewat Penganan Idulfitri

    Fachri Audhia Hafiez - 24 Mei 2020 18:33 WIB
    Melepas Rindu Lewat Penganan Idulfitri
    Suasana pengunjung warga binaan yang mengantar makanan di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur penuh dengan pengunjung yang membawa tas dan plastik. Mereka ingin berbagi penganan khas Idulfitri untuk para kerabat atau saudara yang menjadi warga binaan.

    Winur, 41, menyempatkan diri membawakan berbagai makanan untuk ayahnya. Makanan mulai dari ketupat sayur hingga kue kering.

    "Namanya lebaran, pasti bela-belain ke sini buat nganter makanan ke bapak," kata Winur saat berbincang dengan Medcom.id, di Lapas Kelas I Cipinang, Jalan Raya Bekasi Timur, Jakarta Timur, Minggu, 24 Mei 2020.

    Tampak dua plastik besar dibawa Winur. Makanan yang begitu banyak itu rupanya tak hanya sekadar diberikan untuk sang ayah yang tengah menjalani hukuman selama 8 tahun.

    Winur mengatakan keluarga ataupun kerabat biasa membawa makanan lebih untuk warga binaan. Makanan bakal dibagikan ke sesama warga binaan.

    "Bapak biasanya nitip dibawain juga buat teman-teman di sana. Enggak masalah, kan di dalam ada yang belum tentu dibawakan juga makanan kayak gini," ucap Winur.

    Wiwik, 48, juga melakukan hal serupa. Ia membawa sejumlah toples berisi kue kering. Meski, sang anak terjerat kasus pidana narkoba, momen lebaran menjadi penting untuk menikmati kue buatan orang tua.

    "Buat anak saja, biar biasa nyicipin. Rutin setiap tahun bawain," ujar dia.

    Wiwik dan Winur sedikit kecewa tak bisa bertemu bertatap muka dengan anak ataupun sang ayah. Lapas Kelas I Cipinang membatasai kunjungan di tengah pandemi virus korona (covid-19).

    "Enggak apa-apa yang penting makanan ini tersampaikan dan masih bisa video call tapi ya cuma sebentar," ucap Wiwik.

    Kepala Lapas Kelas I Cipinang, Hendra Eka Putra, mengatakan kebijakan tak memperbolehkan pengunjung bertemu dengan warga binaan menyesuaikan instruksi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Pengunjung dibatasi hanya diperbolehkan membawa makanan.

    Pihak lapas menyediakan fasilitas video call untuk warga binaan menyapa kerabatnya di Hari Raya Idulfitri 1441 Hijrah. Sebanyak 25 komputer disediakan di dalam lapas untuk pengoperasian layanan virtual itu. Fasilitas bisa dinikmati selama 15 menit per warga binaan mulai pukul 10.00 hingga 15.00 WIB.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id