KPK Minta Pejabat Tolak Gratifikasi Idulfitri

    Candra Yuri Nuralam - 02 Mei 2021 17:16 WIB
    KPK Minta Pejabat Tolak Gratifikasi Idulfitri
    Ilustrasi/Media Indonesia/Rommy Pujianto.



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan penyelenggara negara hati-hati menerima bingkisan jelang hari raya Idulfitri 2021. Lembaga Antikorupsi mengategorikan penerimaan di luar pemberian kantor sebagai gratifikasi, meski mengatasnamakan bingkisan lebaran.

    "KPK kembali mengingatkan penyelenggara negara dan pegawai negeri untuk menolak gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya, khususnya terkait perayaan hari raya Idulfitri 2021," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang pencegahan Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Minggu, 2 Mei 2021.






    KPK meminta pejabat tegas menolak pemberian hadiah dalam bentuk apa pun. Para pejabat juga diminta tidak meminta hadiah jelang hari raya demi mencegah gratifikasi.

    "KPK meminta penyelenggara negara dan pegawai negeri agar memberikan teladan yang baik bagi masyarakat," ujar Ipi.

    Dia mengatakan pejabat dilarang menerima hadiah karena berpotensi menimbulkan konflik kepentingan. Lembaga Antikorupsi menegaskan tidak takut memberikan hukuman pidana jika pejabat berani terima bingkisan Idulfitri.

    KPK juga sudah menyebarkan Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penolakan Gratifikasi Jelang Hari Raya. Surat itu sudah disebar ke pejabat sejak 28 April 2021.

    "Permintaan dana dan atau hadiah sebagai tunjangan hari raya (THR) atau dengan sebutan lain oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara, baik secara individu maupun atas nama institusi merupakan perbuatan yang dilarang dan dapat berimplikasi pada tindak pidana korupsi," tegas Ipi.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id