Ganjar Prediksi 1 Juta Pemudik Pulang ke Jateng

    Kautsar Widya Prabowo - 20 Mei 2020 21:36 WIB
    Ganjar Prediksi 1 Juta Pemudik Pulang ke Jateng
    Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo/ Medcom.id/Fachri.
    Jakarta: Pemudik menuju Jawa Tengah diprediksi terus meningkat. Gubernur Jawa Tengah menyebut puncak mudik terjadi pada hari raya Idulfitri 1441 Hijriah.

    "Tercatat sejak Februari 2020 sudah masuk ke Jawa Tengah sekitar 860 ribuan dan sampai lebaran kurang lebih sekitar satu juta warga yang pulang ke Jawa Tengah," ujar Ganjar dalam diskusi virtual, Rabu, 20 Mei 2020. 

    Menurut dia, jumlah tersebut tak mencakup semua warga Jateng yang merantau. Sebab ada tujuh juta warga Jawa Tengah yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

    "Artinya banyak warga Jawa Tengah yang bertahan," tuturnya. 

    Baca: Survei: Sebagian Masyarakat Masih Ngotot untuk Mudik

    Ganjar menyebut seharusnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) konsisten dijalankan. Dia tak sepakat rekalsasi mobilitas masyarakat jelang Idulfitri.

    Sebab hal itu meningkatkan jumlah pemudik pulang ke kampung halaman. Pemerintah meminta masyarakat disiplin menjalankan PSBB dan kepolisian diminta mendukung hal tersebut.

    "Saya minta Pak Kapolri Jenderal Idham Azis untuk ambil langkah tegas kepada semua pihak yang lakukan pelanggaran PSBB, langgar protokol kesehatan," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu 20 Mei 2020.

    Permintaan itu didasari kekhawatiran adanya masyarakat yang merantau usai Idulfitri 1441 Hijriah, khususnya menuju Ibu Kota. Apalagi banyak masyarakat pulang kampung sebelum pelarangan mudik.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id