Wapres: Ramadan Kali Ini Masih dalam Perjuangan

    Kautsar Widya Prabowo - 12 April 2021 21:22 WIB
    Wapres: Ramadan Kali Ini Masih dalam Perjuangan
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: MI/Adam Dwi



    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan Ramadan 1442 Hijriah akan dilalui dengan penuh perjuangan. Segenap umat Islam akan menjalani serangkaian ibadah di tengah pandemi covid-19.

    Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu meminta umat Islam memperbanyak zikir dan munajat kepada Allah SWT. Umat diajak berdoa agar pandemi covid-19 segera diangkat dari muka bumi. 






    "Di bulan Ramadan yang penuh magfirah (ampunan) karena bulan Ramadan adalah syahrul maghfira, sekaligus syahrul doa, syahrul rahmat, syahrul barakah. Marilah kita sempurnakan segala ikhtiar lahiriah kita dalam mengatasi pandemi ini dengan memperbanyak berzikir," ujar Ma'ruf dalam keterangan pers virtual, Senin, 12 April 2021. 

    Baca: Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada 13 April

    Menurut dia, meningkatkan keimanan dan ketakwaan dapat membentuk energi rohaniah. Hal ini dapat memberikan harapan dan optimisme di tengah musibah penularan covid-19.

    "Marilah kita perbanyak berbagi dan bersedekah pada bulan Ramadan ini karena Nabi Muhammad SAW sendiri adalah orang yang paling dermawan pada setiap bulan Ramadan," jelas dia.

    Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Keputusan diambil berdasarkan dua metode, yakni hisab atau pengitungan secara astoronomi dan rukyat atau memantau hilal.

    "Sudah ada 13 orang yang di bawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat," ucap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Senin, 12 April 2021.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id