MUI Usul Jemaah Salat Id Bawa Kartu Keluarga

    Fachri Audhia Hafiez - 20 Mei 2020 20:16 WIB
    MUI Usul Jemaah Salat Id Bawa Kartu Keluarga
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Majelis Ulama Indonesia (MUI) tak mempermasalahkan penyelenggaraan salat Idulfitri 1441 Hijriah berjemaah di zona hijau virus korona (covid-19). Namun, jemaah salat Id perlu diseleksi berdasarkan kartu keluarga (KK).

    "Apabila umat ingin menyelenggarakan salat Id di lapangan, maka harus betul-betul dilakukan secara selektif," kata Wakil Ketua Umum MUI Muhyiddin Junaidi dalam tausiah Idulfitri 1441 Hijriah yang disiarkan secara virtual, Rabu, 20 Mei 2020.

    Menurut dia, warga yang dibolehkan mengikuti salat hanya penduduk lokal yang dibuktikan dengan KK. Sementara itu, warga luar diminta salat Idulfitri di kediaman masing-masing.

    Ia menyebut saat ini banyak orang yang berhasil lolos mudik ke kampung halamannya. Mereka dikhawatirkan menjadi pembawa virus seperti orang tanpa gejala (OTG).

    Pemantauan jemaah salat Id pun dapat melibatkan otoritas setempat. Ketua RT, RW, atau kepala desa diharap dapat mengawasi kegiatan warganya saat Lebaran 2020.

    "Ini dalam rangka menjaga supaya tidak ada penularan dari orang tanpa gejala," ujar Muhyiddin.

    Sekretaris Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI Noor Ahmad menegaskan kondisi ini tidak berlaku di zona merah. Pada zona ini, warga diminta melaksanakan salat Id berjemaah di rumah masing-masing.

    MUI Usul Jemaah Salat Id Bawa Kartu Keluarga

    Baca: Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah

    "Penentuan kawasan atau zona terkendali atau tak terkendali diputuskan melalui musyawarah antara pemerintah dan MUI atau ormas-ormas Islam," ujar Noor.

    MUI, lanjut dia, juga menyerukan umat Islam menggemakan takbir, tahlil, dan tahmid dari rumah masing-masing dan masjid-masjid tanpa jemaah. Pelaksanaan silaturahmi Idulfitri pun diminta dilakukan secara virtual.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id