Bandung Razia Pengemis Jelang Lebaran

    Roni Kurniawan - 27 Mei 2019 16:27 WIB
    Bandung Razia Pengemis Jelang Lebaran
    Alun-alun di Bandung, Jawa Barat. (ANT/Septianda Perdana)
    Bandung: Kota Bandung, Jawa Barat, kerap dikepung pengemis musimam menjelang Lebaran. Bandung akan melakukan operasi cipta kondisi mulai H-7 Lebaran di sejumlah titik untuk menghalau pengemis musimam. 

    "Kita akan menyisir ke beberapa titik keramaian yang dinyalir menjadi tempat favorit para PMKS (penyandang masalah kesejahteraan sosial) untuk memanfaatkan momen (Lebaran) ini." kata Plt Kepala Satpol PP Kota Bandung Tantan Surya Santana, di Alun-alun Bandung, Senin, 27 Mei 2019. 

    Dia memprediksi, PMKS bakal meningkat pada Lebaran tahun ini. Berkaca pada Lebaran tahun lalu, peningkatan PMKS mencapai 200 persen ketimbang hari biasa. 

    "Tahun kemarin sampai ratusan yang kita jaring," imbuh dia. 

    Tantan mengaku, pihaknya akan menjaga pintu masuk Kota Bandung di antaranya, Terminal Leuwipanjang, Cicaheum dan Stasiun Kiaracondong. Dia bakal berkoordinasi dengan Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung untuk mendata warga yang masuk ke Bandung.

    "Mereka datangnya pakai kereta api, biasanya tengah malam tiba di Bandung," ungkapnya. 

    Doa mengungkap, tahun lalu pihaknya berhasil memulangkan sejumlah warga yang tidak memiliki identitas hendak masuk Bandung. Warga yang diamankan, tiba di Stasiun Kiaracondong. 

    Tantan mengatakan, beberapa titik yang jadi lokasi favorit PMKS di antaranya kawasan Alun-alun Bandung, Jalan Riau, Jalan Merdeka, Jalan Diponegoro, Jalan Asia Afrika, dan Dago. Titik tersebut kerap ramai oleh warga yang hendak berbelanja kebutuhan Lebaran dan menunggu berbuka puasa. 

    "Titik-titik itu kita awasi dan disiapkan personel untuk menjaga di sana. Karena kita tidak ingin Kota Bandung ini penuh dengan pengemis," pungkasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id