Masyarakat Babel Diminta Tidak Menggelar Nganggung Saat Lebaran

    Antara - 20 Mei 2020 12:51 WIB
    Masyarakat Babel Diminta Tidak Menggelar <i>Nganggung</i> Saat Lebaran
    ilustrasi Medcom.id
    Pangkalpinang: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, meminta masyarakat tidak menggelar tradisi nganggung atau makan bersama saat Idulfitri 1441 Hijriyah. Imbauan dikeluarkan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

    "Kita berharap masyarakat bersabar dan menahan diri untuk tidak menggelar kegiatan berkumpul-kumpul secara masif dalam menyambut serta merayakan Idul Fitri ini, seperti tradisi 'nganggung' di saat masih dalam kondisi pandemi covid-19," kata Erzaldi di Pangkalpinang, Rabu, 20 Mei 2020.

    Baca: Pemprov Bangka Belitung Tiadakan Salat Id di Masjid

    Erzaldi menjelaskan pada tahun-tahun sebelumnya warga biasa menggelar tradisi nganggung di masjid. Kegiatan tersebut merupakan kebiasaan masyarakat Bangka Belitung yang dilakukan secara turun temurun dalam merayakan hari besar keagamaan Islam seperti Idulfitri, Idul Adha, Maulid Nabi dan lainnya.

    "Tradisi ini menggambarkan semangat kebersamaan dan gotong royong masyarakat, namun karena adanya pandemi covid-19 ini diharapkan masyarakat tidak menggelar nganggung menyambut hari kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa," jelas Erzaldi.

    Larangan kegiatan kumpul-kumpul secara masif ini sesuai dengan Permenkes Nomor 9 tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, dan juga sesuai dengan keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa virus corona merupakan pandemi global.

    "Kami sangat mengerti dan memahami apa yang dirasakan masyarakat yang harus di rumah merayakan lebaran Idul Fitri, karena pendemi virus corona ini," pungkasnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id