Lansia dan Orang Sakit Dilarang Salat Id di Masjid

    Nur Azizah - 12 Mei 2021 14:58 WIB
    Lansia dan Orang Sakit Dilarang Salat Id di Masjid
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Jemaah lanjut usia (lansia) dan orang sakit dilarang melaksanakan salat Id berjemaah di masjid. Kebijakan ini untuk menjaga mereka dari paparan covid-19.

    "Bagi masyarakat yang menderita demam atau menunjukkan gejala covid-19 harap tidak ikut salat berjemaah. Selain orang sakit, diharapkan lansia dan orang yang baru sembuh juga (tidak salat berjemaah di masjid)" kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu, 12 Mei 2021.

     



    Larangan ini juga berlaku untuk masyarakat yang baru pulang dari perjalanan jauh. Mereka diminta salat di rumah masing-masing.

    "Bagi jemaah yang melaksanakan salat di masjid diharapkan memakai masker selama rangkaian salat," ucap Wiku.

    Baca: Pemkab Lamongan Izinkan Salat Idulfitri

    Masyarakat diminta mengambil wudu dari rumah masing-masing untuk menghindari kontak dengan orang lain. Wudu dari rumah juga menghindari kerumunan antrean.

    "Lalu, disarankan untuk mempersingkat durasi doa dan zikir setelah salat. Tetap melalui jalan yang sama untuk pulang seperti jalan pergi untuk mengurangi luas lingkar interaksi," ujarnya.

    Dia juga mengimbau khatib mempersingkat khotbah maksimal 20 menit. Jemaah diharapkan tidak berjabat tangan dan bersentuhan fisik usai melaksanakan salat Id.

    "Praktik tatap muka di daerah zona hijau dan kuning memang diizinkan, akan tetapi satgas tetap meminta masyarakat untuk meminimalkan interaksi fisik dengan orang lain," jelas Wiku.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id