Terminal Lebak Bulus Perketat Pengawasan Cegah PO Bandel dan Travel Gelap

    Aria Triyudha - 28 April 2021 19:59 WIB
    Terminal Lebak Bulus Perketat Pengawasan Cegah PO Bandel dan Travel Gelap
    Mudik. Foto: MI



    Jakarta: Satuan Pelayanan Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, tetap mengawasi intensif segala aktivitas selama penutupan terminal 6-17 Mei 2021 terkait larangan mudik Lebaran 2021. Hal ini demi mencegah adanya penumpang yang nekat pulang kampung dari Terminal Lebak Bulus.

    "Pengawasan untuk mengantisipasi PO (perusahaan otobus) bandel atau travel gelap yang tetap angkut penumpang pada masa penutupan terminal," kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Lebak Bulus Hernanto kepada Medcom.id, Rabu, 28 April 2021.






    Menurut dia, pihaknya akan melibatkan petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan maupun TNI dan Polri untuk mengawasi terminal. Dia mendukung penuh kebijakan pemerintah mencegah covid-19 saat Lebaran 2021.

    "Jika ada informasi PO yang membandel atau travel gelap kami akan kontak mereka," ujar Hernanto.

    Baca: Menag: Mudik Itu Sunah, Menjaga Kesehatan Diri dan Lingkungan Wajib

    Hernanto menjelaskan penutupan Terminal Lebak Bulus pada 6-17 Mei akan ditandai pemasangan traffic cone dan penghalang di pintu masuk. Pihaknya juga memasang spanduk mengumumkan penutupan terminal.

    Dia menerangkan pemerintah telah memperketat perjalanan warga. Bus tujuan kota-kota di Jawa dan Sumatra masih diperbolehkan masuk ke Terminal Bus Lebak untuk mengangkut penumpang. Penumpang diwajibkan membawa surat pemeriksaan covid-19 dengan hasil negatif.

    "Kami sosialisasi ke PO Bus maupun calon penumpang bahwa sejak 22 April sampai tanggal tanggal 5 Mei  2021 adalah masa pengetatan bagi yang ingin mudik atau ke luar kota. Ada persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya surat tentang hasil tes antigen negatif covid-19 dan juga penerapan penerapan protokol kesehatan," ujar dia.

    Untuk antisipasi terminal bayangan, Hernanto menyebut pihaknya hanya fokus pada area Terminal Lebak Bulus. Meski begitu, pencegahan munculnya terminal bayangan dilakukan petugas gabungan di sekitar Terminal Lebak Bulus.

    "Nantinya ada check point untuk menertibkan dan juga akan dilakukan penyekatan-penyekatan," kata Hernanto.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id