9 Ribu Pasukan Oranye Bersiaga saat Lebaran

Nur Azizah - 13 Juni 2018 11:41 wib
Sejumlah petugas dari Suku Dinas Kebersihan menyapu jalan
Sejumlah petugas dari Suku Dinas Kebersihan menyapu jalan inspeksi Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur. Foto: Antara/Syailendra Hafiz.

Jakarta: Petugas kebersihan atau biasa disebut dengan pasukan oranye dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta tetap disiagakan saat Idulfitri 1439 Hijriah. Sekitar 9 ribu personel tetap bertugas saat Lebaran.

“Di Dinas Lingkungan Hidup, pasukan oranye ada 10 ribu orang dan hanya sekitar 10 persen petugas yang mudik pada Lebaran kali ini. Sisanya tetap bertugas,” kata Kepala DLH DKI Isnawa Adji kepada Medcom.id di Jakarta Pusat, Rabu, 13 Juni 2018.

Isnawa mengaku tak melarang pasukan oranye untuk cuti Lebaran. Pasalnya, saat libur Lebaran, timbunan sampah sedikit menurun."Hanya menumpuk di tempat-tempat tertentu saja, seperti di lokasi digelarnya salat Id dan tempat wisata."

Sementara itu, sebelum musim mudik, Isnawa sudah lebih dulu mendata jumlah personel. Ia tak mau ada kekosongan pasukan. “Namun, khusus wilayah Jakarta Pusat pada hari H semua petugas disiagakan karena merupakan kawasan ring 1."

Baca: Anies Dijadwalkan Salat Id di Istiqlal

Isnawa juga membuat jadwal piket para pejabat selama libur Lebaran. Ini untuk memastikan penanganan kebersihan di darat, badan air, dan tempat pengolahan sampah tetap optimal. 

Selain kesiapan pasukan oranye, DLH juga sudah menyiapkan bagian pendukung operasional. Unit storing kendaraan dan petugas bengkel juga tetap bertugas.

"Ini untuk memantau kondisi di lapangan melalui Command Center sehingga pengendalian penanganan sampah Ibu Kota tetap berjalan dan terpantau," pungkas dia.



(OGI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.