Pemerintah Terus Upayakan Satukan Pendapat Penetapan Ramadan - Medcom

    Pemerintah Terus Upayakan Satukan Pendapat Penetapan Ramadan

    Meilikhah - 16 Juni 2015 21:16 WIB
    Pemerintah Terus Upayakan Satukan Pendapat Penetapan Ramadan
    Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: MI/Rommy Pujianto
    medcom.id, Jakarta: Kementerian agama bersama Majelis Ulama Indonesia beserta ormas Islam bertekad untuk terus berupaya menyamakan pandangan dalam menentukan 1 ramadan maupun 1 syawal. Penyatuan pandangan itu akan terus dilakukan dengan harapan prediksi selama lima hingga tujuh tahun satu suara akan terus berlanjut.

    "Upaya untuk menyatukan cara pandang kita dalam menetapkan kriteria hilal terus kita upayakan. Yang harus disyukuri semangat keinginan untuk menyamakan cara pandang terus dibangun. Tinggal menyepakati kriteria seperti apa hilal dilihat dari prosesnya," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (16/6/2015).

    Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsudin bahkan mengapresiasi langkah Lukman Hakim sebagai menteri agama untuk menyatukan perbedaan pandangan terkait penetapan 1 ramadan dan syawal. Ia bahkan senang Menteri Agama berusaha mendekatkan pemerintah dan ormas Islam sebagai upaya penyatuan pendapat dan pandangan.

    "Kami memberi penghargaan kepada Pak Lukman yang mendapat amanah sebagai menteri selalu berupaya dan berkunjung ke ormas Islam untuk penyatuan kalender islami. MUI menyambut ini bersedia dan bertekad melakukan pertemuan lebih intensif lagi di kemudian hari," kata Din.

    Din bahkan memprediksi kekompakan pemerintah dan ormas Islam terutama Muhammadiyah dalam menentukan 1 ramadan dan syawal akan terus berlanjut setidaknya lima hingga tujuh tahun ke depan. Ia berharap, penyatuan pendapat dan pandangan terhadap penetapan awal ramadan dan Idul Fitri akan terus satu suara sebagai momentum penyatuan umat Islam di seluruh Indonesia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id