Sidomuncul

    Pemudik Bahagia Pulang Kampung Berkat Program Mudik Gratis

    Gervin Nathaniel Purba - 31 Mei 2019 06:03 WIB
    Pemudik Bahagia Pulang Kampung Berkat Program Mudik Gratis
    Sido Muncul pada 2019 memberangkatkan 12 ribu pemudik menggunakan 189 bus (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
    Jakarta: Merayakan Idulfitri bersama sanak saudara dan orang tua di kampung halaman selalu terasa menyenangkan. Suasana kebersamaan ini selalu dinantikan setiap tahunnya. 

    Tidak heran jika mudik menjadi tradisi setiap tahun. Tak peduli sulit mencari transportasi maupun berjibaku dengan kemacetan di jalan, semua lelah itu terbayarkan setibanya di kampung halaman untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga.

    Beruntung, para pemudik terbantu dengan tersedianya program mudik gratis. Mereka bisa mudik gratis dengan menumpang bus yang nyaman. Sido Muncul sejak 1991 konsisten menyelenggarakan program Mudik Gratis. Tahun ini, program Mudik Gratis Sido Muncul diselenggarakan untuk yang ke-30 kali.

    Kehadiran program Mudik Gratis Sido Muncul menjadi jawaban doa mereka yang berniat berlebaran di kampung halaman. 

    Sudiarto, 45, salah satunya. Ia bersyukur bisa mengikuti program Mudik Gratis Sido Muncul pada tahun ini. Tahun sebelumnya ia mengikuti program mudik gratis lain, namun program Mudik Gratis Sido Muncul dinilainya jauh lebih nyaman.

    Pemudik Bahagia Pulang Kampung Berkat Program Mudik Gratis
    Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dan Direktur Utama Metro TV Suryopratomo melepas peserta Mudik Gratis Sido Muncul  (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)


    “Lumayan enak. Adanya program Mudik Gratis Sido Muncul meringankan beban karena busnya gratis,” ujar pria asal Bogor itu, kepada Medcom.id, ditemui di lokasi keberangkatan program Mudik Gratis Sido Muncul di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis, 30 Mei 2019. 

    Sudiarto mudik bersama istrinya. Anak dan orang tua berada di Solo. Hal ini yang menyebabkan perayaan Idulfitri di Solo selalu terasa spesial dan menyenangkan. 

    Pemudik Bahagia Pulang Kampung Berkat Program Mudik Gratis
    Bus Mudik Gratis Sido Muncul berangkat menuju Yogyakarta (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)


    “Sekaligus silaturahmi bersama saudara di kampung,” ujar Sudiarto, yang sehari-hari bekerja sebagai pembuat jaket kulit untuk komunitas klub motor. 

    Kebahagiaan bisa mudik juga diungkapkan oleh Suminah, 52. Ia mengaku sudah beberapa kali mengikuti program Mudik Gratis Sido Muncul. 

    Selama mudik, Suminah tidak pernah menemui kendala. Paling hanya kemacetan. “Semua lancar saja,” kata Suminah, berbincang dengan Medcom.id sambil menunggu bus berangkat menuju ke Solo. 

    Pemudik Bahagia Pulang Kampung Berkat Program Mudik Gratis 
    Wartini mengikuti program Mudik Gratis Sido Muncul bersama suami dan kedua anaknya (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)


    Meskipun mudik sudah menjadi tradisi, ada juga orang yang baru bisa mudik pada tahun ini. Misalnya, Wartini, 45. Ia mengaku baru kali ini bisa mudik ke Wonogiri. 

    “Iya, baru kali ini. Baru kali ini juga ikut Sido Muncul,” kata Wartini.

    Wartini mudik bersama suami dan kedua anaknya. Mereka akan menetap di Wonogiri hingga menjelang liburan sekolah usai. 
     

    Konsisten 30 Kali Selenggarakan Mudik Gratis


    Program Mudik Gratis Sido Muncul tahun ini mengangkat tema Benelovence, yang bermakna niat baik atau kebajikan.

    Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan pada tahun ini Sido Muncul memberangkatkan 12 ribu pemudik dengan 189 bus. Pelepasan pemberangkatan dilaksanakan di kawasan Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis, 30 Mei 2019.

    Turut hadir pada acara pelepasan peserta mudik Wali Kota Jakarta Timur M Anwar, Direktur Jenderal PHI Jamsos Kemenaker Haiyani Rumondang, Direktur Utama Metro TV Suryopratomo, dan perwakilan Kemenhub. 

    Pemudik Bahagia Pulang Kampung Berkat Program Mudik Gratis 
    Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)


    “Semoga para pemudik selamat sampai tujuan. Saya mengucapkan Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin,” ujar Irwan.

    Jika tahun-tahun sebelumnya peserta Mudik Gratis Sido Muncul khusus pedagang jamu, maka pada 2019 peserta mudik gratis terdiri atas pedagang jamu gendong, pedagang asongan , pedagang pinggir jalan, dan pembantu rumah tangga. 

    Selain dari TMII, bus Mudik Gratis Sido Muncul diberangkatkan dari Tangerang, Bogor, Sukabumi, Cikampek, dan Bandung. Tujuan pemberangkatannya ialah Cirebon, Kuningan, Gunung Kidul, Solo, Purwokerto, dan Wonogiri. 

    Pemudik Bahagia Pulang Kampung Berkat Program Mudik Gratis
    Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat bersama manajemen Sido Muncul (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)


    Irwan bersyukur masih diberi kesempatan untuk melepas program Mudik Gratis Sido Muncul. Menurutnya, hal ini menjadi mukjizat karena bisa diadakan 30 kali berturut-turut.

    “Bagi saya, mudik selalu istimewa. Menyelenggarakan mudik gratis 30 kali merupakan sebuah mukjizat. Sido Muncul menjadi yang pertama secara konsisten menyelenggarakan mudik gratis,” ucap Irwan bangga.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id