2 Terminal Bus di Jakarta Tetap Beroperasi Selama Larangan Mudik

    Kautsar Widya Prabowo - 28 April 2021 04:06 WIB
    2 Terminal Bus di Jakarta Tetap Beroperasi Selama Larangan Mudik
    Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Foto: MI/Immanuel



    Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta hanya akan membuka dua terminal bus selama aturan larangan mudik dari 6-17 Mei 2021. Terminal tersebut untuk mengakomodasi masyarakat yang dikecualikan melakukan perjalanan keluar kota.

    "Kami membuka dua terminal, terminal Pulo Gebang dan terminal Kalideres," ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 27 April 2021.






    Dishub DKI sebelumnya memutuskan hanya membuka terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Berdasarkan pertimbangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terminal Kalideres, Jakarta Barat, juga perlu dioperasikan.

    "Bahwa pergerakan untuk ke wilayah barat itu juga perlu difasilitasi sehingga letak terminal yang ideal ada di Kalideres," tuturnya.

    Terminal lain yang melayani bus antar kota antar provinsi (AKAP), yaitu Kampung Rambutan dan Tanjung Priok, akan ditutup. Syafrin menegaskan pengoperasian terminal Pulo Gebang dan Kalideres hanya untuk kelompok masyarakat yang diperbolehkan bepergian keluar kota.

    Ada empat kategori kelompok masyarakat yang dikecualikan untuk keluar kota saat larangan mudik. Yakni, aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN/BUMD, prajurit TNI-Polri yang mendapat tugas perjalanan dinas. Mereka harus mengantongi surat izin dari pejabat setingkat eselon II.

    Lalu, pegawai swasta yang harus melakukan perjalanan dinas. Pegawai tersebut harus mengantongi surat izin dari pimpinan perusahaan.

    Baca: Aturan SIKM di Jakarta Ditargetkan Rampung Pekan Ini

    Pekerja informal dan masyarakat umum juga bisa bepergian keluar kota. Syaratnya, harus mengantongi surat izin keluar masuk (SIKM) dari kelurahan. SIKM itu juga hanya untuk perjalanan dengan tujuan kedaduratan, seperti kunjungan keluarga yang sakit, kunjungan duka, dan mendampingi ibu hamil atau persalinan.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id