Pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok Rela Menunggu Lama

Siti Yona Hukmana - 13 Juni 2018 16:26 wib
Penumpang rela menunggu lama di Pelabuhan Tanjung Priok -
Penumpang rela menunggu lama di Pelabuhan Tanjung Priok - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Ratusan pemudik yang bakal berangkat menggunakan Kapal Ro-Ro di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, rela menunggu lama. Mereka memilih istirahat di pelabuhan ketimbang ketinggalan kapal. 

Malam ini, Rabu, 13 Juni 2018, Pelabuhan Tanjung Priok bakal memberangkatkan 806 penumpang program mudik gratis Kementerian Perhubungan ke Lampung. Kapal dijadwalkan angkat jangkar pukul 19.00 WIB. 

Namun, sejak siang, penumpang sudah memadati Terminal Penumpang Dermaga Eks Presiden Pelabuhan Tanjung Priok. Pantauan Medcom.id, pemudik duduk dan tidur di ubin ruang tunggu. 

"Ngantuk, makanya tidur. Keberangkatan juga masih lama, pukul 19.00 WIB. Ya enggak apa-apa lah tidur di sini, adem," kata Robi, salah satu peserta mudik gratis di Ruang Tunggu Terminal Penumpang Dermaga Eks Presiden, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, 13 Juni 2018.

Robi mengaku berangkat pagi ke pelabuhan supaya tidak terlalu dekat dengan waktu keberangkatan dan bisa mencari informasi. Ia tidak mempermasalahkan harus duduk dan tidur di lantai.

"Kalau masih di rumah kita enggak tahu informasi, berangkat lebih cepat tidak apa-apa. Siapa tahu lebih cepat (kapal berangkat) dari jadwal pemberangkatan," ucap dia. 


Penumpang rela menunggu lama di Pelabuhan Tanjung Priok - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Penumpang lainnya, Muti, mengaku, lebih memilih cepat datang ke pelabuhan supaya tidak tergesa-gesa. Ia bakal pulang ke Lampung bersama suami dan anaknya.

"Biar enggak buru-buru. Lebih tenang kalau sudah sampai pelabuhan, daripada masih di rumah," ujar Muti.

Sementara Dedi, memilih mudik gratis karena kehabisan tiket transportasi lain. "Kehabisan tiket bus dan mahal juga, per orang bisa sampai Rp600 ribu," beber Dedi.

Dedi senang dengan adanya program mudik bareng gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan ini. Ia merasa sangat terbantu.

"Apresiasi sekali. Apalagi syaratnya juga mudah cuma STNK, KTP, KK. Itu dilampirin dan langsung mendapatkan formulir peserta mudik gratis," pungkas Dedi.

Pemudik tujuan Lampung ini akan menumpang Kapal Ro-Ro milik PT Atosim Lampung Pelayaran. 




(REN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.