Pemudik Keluhkan Fasilitas Terminal Pulogebang

Damar Iradat - 13 Juni 2018 14:33 wib
Situasi ruang tunggu Terminal Pulogebang/Medcom.id/Damar Iradat
Situasi ruang tunggu Terminal Pulogebang/Medcom.id/Damar Iradat

Jakarta: Sebagian pemudik terpaksa duduk dan tiduran di lantai berdebu Terminal Pulogebang. Suryono, 46, salah satu calon penumpang yang akan mudik ke Purwokerto, Jawa Tengah, mengatakan hampir seluruh tempat duduk di ruang tunggu terminal sudah terisi.

Ia dan keluarga akhirnya mengalah dengan duduk di lantai terminal. "Daripada berdiri terus, kan pegal juga. Mending di sini, enggak ada yang larang juga," ucap Suryono kepada Medcom.id di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu, 13 Juni 2018.

Pemudik lainnya, Kaslan, mengalami nasib serupa. Ia bahkan mengaku sempat tidur di lantai lantaran menunggu jadwal keberangkatan bus.

"Mau tidur di kursi juga penuh. Di lantai kan luas, dingin lagi," tutur dia.

Di sisi lain, Kepala UPT Pulogebang Ismanto mengaku fasilitas terminal cukup memadai. Apalagi, terminal ditunjang berbagai fasilitas lain.

"Sebenarnya kan untuk posisi normal, ruang tunggu sangat memadai. Kemudian sudah ber-AC. Untuk penumpang yang menunggu juga ada perpustakaan mini, mainan anak, ada eskalator, lift. Passenger information system juga selalu update," jelas Ismanto.

Area tunggu keberangkatan juga sudah dipisah dengan area kedatangan. Pemisahan diklaim membuat terminal relatif lebih tertib ketimbang lokasi lain.

Ia beranggapan banyaknya penumpang yang duduk atau tidur di lantai lebih kepada kebiasaan. Pengelola terminal tidak bisa tiba-tiba melarang.

"Kadang-kadang bisa jadi, dia menunggu kan kadang enggak betah. Di satu sisi jadi PR kita juga ke depan biar bagus lagi pelayanan dan kinerjanya," beber dia.


(OJE)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.