Masjid Istiqlal Telah Distribusikan Zakat Fitrah Rp200 Juta

Muhammad Al Hasan - 14 Juni 2018 21:10 wib
Pembagian zakat fitrah di Masjid Istiqlal. Medcom.id/ Muhammad
Pembagian zakat fitrah di Masjid Istiqlal. Medcom.id/ Muhammad Al Hasan

Jakarta: Masjid Istiqlal telah mengumpulkan zakat fitrah sebesar Rp200 juta dari masyarakat. Zakat tersebut langsung didistribusikan usai buka puasa di hari terakhir Ramadan.

"Zakat sudah dibagikan tadi begitu buka puasa. Mereka (orang yang berhak) datang, kami bagi kupon kepada para mustahiq itu," kata Kepala Bidang Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat ditemui di Masjid Istiqlal pada Kamis, 14 Juni 2018.

Ia menjelaskan mayoritas masyarakat membayarkan zakatnya dalam bentuk uang. Namun panitia membagikannya pada yang berhak menerima dalam bentuk beras.

Ia menambahkan pembagian zakat dengan senilai 200 juta itu didapatkan karena mayoritas masyarakat menyumbangkan zakatnya dalam bentuk uang. Sehingga uang itu diestimasikan oleh panitia ke dalam bentuk beras. 

"Dana yang terkumpul sekitar 200 juta dana itu kami jadikan beras. Ada satu dua orang memakai beras tapi gak banyak," kata Abu.

Ia mengatakan tidak ada kendala dalam pembagian zakat fitrah. Setiap tahunnya pembagian cepat tanpa ada kericuhan. "Cepet selesai kalau zakat fitrah mah, besok sudah enggak ada lagi," ujar dia.

Terkait pembagian zakat yang dinilai lebih awal Abu menambahkan bahwa hal ini lebih disebabkan karena panitia juga harus berkonsentrasi pada momen nasional tahunan yaitu Salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Istiqlal. Apalagi Kementrian Agama telah resmi mengumumkan Hari Raya Idulfitr jatuh pada Jumat besok.

Adapun operasional penerimaan zakat masih dibuka oleh panitia penerimaan zakat Masjid Istiqlal hingga pukul 21.00 WIB. Besok Istiqlal sudah tidak menerima sumbangan zakat



(SCI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.