Antisipasi Kenaikan Covid-19, Jokowi Sentil Sembilan Provinsi

    Nur Azizah - 29 April 2021 07:49 WIB
    Antisipasi Kenaikan Covid-19, Jokowi Sentil Sembilan Provinsi
    Presiden Joko Widodo. Antara/Sigid Kurniawan



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sembilan provinsi untuk mengantisipasi kenaikan kasus covid-19. Jokowi tak ingin kasus aktif di Tanah Air kembali melonjak.

    "Saya melihat beberapa daerah sudah mulai terjadi kenaikan. Perlu saya sampaikan, hati-hati," kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Kamis, 29 April 2021.






    Kesembilan provinsi yang diingatkan itu, yakni Sumatra Selatan, Aceh, Lampung, Jambi, Kalimatan Barat, Nusa Tenggara Timur, Riau, Bengkulu, Kepulauan Riau. Jokowi mengatakan sembilan provinsi itu telah mengalami kenaikan kasus harian.

    Dia memerintahkan kepala daerah untuk tegas terlebih menjelang Hari Raya Idulfitri. "Hati-hati dengan yang namanya libur panjang kita ini mau libur panjang di Idulfitri, ingat tahun lalu ada empat libur panjang yang kenaikannya sangat melompat," ucap dia.

    Baca: Kasus Covid-19 dari Klaster Pendidikan di Sikka Bertambah

    Pada libur panjang Idulfitri 2020, kasus covid-19 meningkat 68 persen sampai 93 persen. Kemudian, pada libur Kemerdekaan RI, kasus meningkat 58 persen sampai 119 persen.

    Libur Maulid Nabi kasus meningkat 37 persen sampai dengan 95 persen. Lalu libur Natal dan Tahun Baru kasus meningkat 37 persen sampai 78 persen.

    Lonjakan kasus saat libur panjang membuat rumah sakit rujukan penuh dan kasus covid-19 meningkat cukup tajam hingga lebih dari 10.000 kasus per hari.  Pengalaman tersebut membuat pemerintah melarang mudik.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id