comscore

Pantau Arus Mudik di Tol dengan Aplikasi Travoy, Begini Caranya

Muhammad Syahrul Ramadhan - 27 April 2022 20:37 WIB
Pantau Arus Mudik di Tol dengan Aplikasi Travoy, Begini Caranya
Cara menggunakan Travoy (Foto: Medcom.id)
Jakarta: Melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi perlu persiapan yang baik. Salah satunya dengan memantau lalu lintas jalan tol yang akan dilewati.

Kini dengan kemajuan teknologi pemudik bisa lebih mudah memantau arus mudik Lebaran 2022 di jalan tol dengan aplikasi dari Jasa Marga, Travoy. Aplikasi Travoy memiliki banyak fitur navigasi salah satunya CCTV.
Layanan CCTV online tersebut bisa diakses secara gratis dan real time. Untuk dapat mengaksesnya sobat Medcom terlebih dahulu harus menginstal aplikasi Travoy. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, Aplikasi Travoy dirancang sebagai asisten digital perjalanan dengan sejumlah fitur unggulan dari Jasa Marga Tollroad Command Center yang diintegrasikan di dalam aplikasi dan dapat diakses oleh masyarakat.

“Setelah melakukan survey kepada user dan pengguna jalan, kebutuhan yang mendominasi adalah informasi mengenai kondisi lalu lintas, layanan customer care serta alternatif rute perjalanan. Kebutuhan ini telah kami kembangkan dalam tujuh fitur utama di aplikasi Travoy versi 4.0, yang kami targetkan dapat melengkapi aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze," ujar Heru seperti dikutip dari laman resmi Jasa Marga, Rabu, 27 April 2022.

Baca: Ini Daftar Link CCTV Online Pantau Arus Mudik Lebaran 2022

Fitur Travoy

Tujuh fitur tersebut merupakan 4 fitur baru dan 3 fitur yang telah ada di versi sebelumnya serta ditingkatkan efektivitasnya, di antaranya:

1. Cek Saldo

Mengecek saldo e-Toll dalam ‘sekali tap’, yang saat ini dapat digunakan oleh pengguna e-Toll Brizzi, e-Money dan Tapcash.

2. Struk Digital

Melihat riwayat transaksi tol dan mencetaknya dalam bentuk digital serta dapat berlaku sebagaimana struk yang ada di gerbang tol.

3. CCTV Real Time

Mengetahui kondisi lalu lintas secara live dan real time dari 1.913 CCTV yang tersebar di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group.

4. Rest Area

Menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi, fasilitas, tenant, hingga kapasitas parkir.

5. Tarif Tol

Membantu para pengendara untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan selama perjalanan dengan menyediakan informasi seputar tarif tol berdasarkan golongan kendaraan.

6. Informasi Lalu Lintas Terkini

Menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol

7. Chat Us

Menghadirkan layanan customer service yang mudah diakses melalui platform WhatsApp, siap membantu kebutuhan pengguna jalan dengan semakin cepat dan tepat.

Cara menggunakan layanan CCTV Travoy

Layanan CCTV ini memberikan informasi kondisi lalu lintas secara live dan real time dari 1.913 CCTV yang tersebar di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group. Berikut ini cara menggunakannya:
  • Instal Travoy di Play Store atau Apps Store
  • Buka Travoy
  • Lakukan registrasi atau login bagi yang sudah daftar, tahapan ini bisa dilewati dengan mengetuk “Lewati tanpa masuk”
  • Selanjutnya ketuk menu CCTV
Menu Travoy
(Ketuk CCTV untuk membuka layanan CCTV Real Time Foto: Medcom.id)
  • Pilih jalan tol yang ingin sobat Medcom ketahui kondisi lalu lintasnya
  • Muncul opsi KM tol, pilih sesuai kebutuhan
  • Nantinya akan muncul live video kondisi lalu lintas terkini
Tampilan CCTV Travoy
(Tampilan CCTV Travoy Foto: Medcom.id)

Fitur lain yang bisa sobat Medcom adalah Informasi Lalu Lintas Terkini. Sebab, mulai 28 April Korlantas Polri akan menerapkan ganjil genap dan one way. Dengan begitu bisa mengantisipasi kepadatan di jalan tol.

 

(RUL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id