Cerdas, Bermodal Rp180 Ribu untuk Mudik Bandung-Tuban

Ahmad Rofahan - 13 Juni 2018 15:33 wib
Engkus saat bercerita perjalanan mudiknya ke Menhub di Terminal
Engkus saat bercerita perjalanan mudiknya ke Menhub di Terminal harjamukti Cirebon. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Engkus Kusmana, 28, memiliki gaya mudik cerdas setiap tahunnya. Bukan menggunakan moda transportasi yang sekali jalan, namun menggunakan moda transportasi secara estafet. Dengan cara itu, Engkus hanya mengeluarkan dana Rp180 ribu dari Bandung ke Tuban.

Pada tahun ini, Engkus bersama isterinya kembali melakukan hal yang sama. Perjalanan Bandung menuju Tuban, Jawa Timur, ia lakukan dengan cara estafet.

Dengan menggunakan cara tersebut, biaya yang keluar jauh lebih murah.

"Kalau ditotal, habisnya sekitar Rp180 ribu. Kalau langsung, bisa mencapai Rp480 ribu," kata Engkus saat ditemui di Terminal Harjamukti Cirebon.

Ia menceritakan hal tersebut kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat meninjau langsung Terminal Harjamukti Cirebon. Engkus yang saat itu sedang menunggu bus, kemudian diajak berdialog oleh menteri terkait rencana mudiknya.

Engkus menuturkan, dari Bandung ia menggunakan kendaraan elf dengan membayar tarif sebesar Rp50ribu. Selanjutnya, dari Cirebon ia akan menggunakan bus menuju Semarang dengan tarif Rp90ribu. Selanjutnya, dari Semarang, ia akan menggunakan bus jurusan Surabaya dan turun di Tuban.

Walaupun mengeluarkan biaya yang lebih murah, namun bagi pemudik yang akan menggunakan cara ini, harus menyiapkan fisik lebih prima. Karena perjalanan cukup melelahkan.

"Enggak enaknya, ya lumayan capek. Karena naik turun ganti kendaraan," kata Engkus.


 


(SUR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.