Pengawasan Ketat Larangan Mudik Disambut Baik

    Medcom - 12 Mei 2020 22:37 WIB
    Pengawasan Ketat Larangan Mudik Disambut Baik
    Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono dan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi meninjau pelaksanaan operasional bus umum di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur. Istimewa.
    Jakarta: Upaya aparat menjalankan aturan larangan mudik dari pemerintah disambut baik berbagai kalangan. Penertiban pemudik selama Operasi Ketupat dinilai berjalan dengan tegas tapi humanis.

    "Dalam berbagai kesempatan kita melihat Kepala Korlantas Polri Irjen Polisi Istiono selalu menekankan anggota kepolisian tidak menilang di jalan bagi yang mencoba mudik, putar arah atau memutar balik kembali merupakan sanksi yang harus ditanggung yang memaksa mudik di tengah," kata Koordinator Nasional Jaringan Islam Kebangsaan, Irfaan Sanoesi, saat dihubungi wartawan, Selasa, 12 Mei 2020.

    Irfaan menilai koordinasi Polri dengan TNI, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Dinas Perhubungan (Dishub), dan aparat terkait lain profesional dan tegas dalam melarang mudik. Terpenting, para aparat mengedepankan cara yang humanis dalam melarang warga untuk mudik.

    "Puluhan ribu kendaraan disuruh memutar balik kembali ke tempat masing-masing tanpa menimbulkan keributan," ujar Irfaan.

    Dia mengimbau kepada masyarakat untuk menahan diri untuk melakukb tradisi mudik tahun ini. Menyelamatkan kemanusiaan haris diprioritaskan di atas ritual silaturahmi tahunan, apalagi silaturahmi bisa dilakukan melalui online.

    "Meski berbeda rasa saat bersilaturahmi dengan online, tapi tidak mudik itu sebuah kemaslahatan yang sangat bermanfaat bagi kemanusiaan," kata Irfaan.

    Baca: 40 Ribu Kendaraan Ngotot Mudik Diminta Putar Balik

    Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Aliansi Mahasiswa Millenial Indonesia (AMMI), Nurkhasanah. Dia menilai langkah Polri dalam mengawasi arus kendaraan dan mencegah mudik sangat humanis, tanpa menyebabkan riak-riak kericuhan.

    "Ketegasan Presiden Joko Widodo melarang mudik itu sangat dinanti-nanti semua masyarakat. Dan Korlantas Polri menerjemahkan kebijakan larangan mudik di tengah pandemi covid-19 dengan sangat manusiawi dan persuasif," kata Nurkhasanah dihubungi terpisah.

    Pada Sabtu, 9 Mei 2020, Kepala Korlantas Polri, Irjen Istiono, bersama Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi turun langsung ke terminal Terpadu Bus Pulogebang, Jakarta Timur, guna memantau penerapan protokol kesehatan seiring dibukanya kembali moda transportasi umum dengan persyaratan ketat oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

    Dalam kunjungan itu, Istiono menegaskan bakal melakukan pengawasan ketat kepada para warga yang hendak bepergian ke luar daerah. Dibantu TNI, Kemenhub dan aparat terkait, pengawasan ketat diharap berhasil dan menekan angka penyebaran Covid-19.

    "Dengan dikeluarkannya SE nomor 4, tentunya apa yang telah ditetapkan, kita laksanakan dengan sepenuhnya dan serius," kata Istiono di lokasi.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id