Damri Siapkan 12 Kendaraan Angkut Pemudik di Bandara YIA

    Ahmad Mustaqim - 15 Mei 2019 16:58 WIB
    Damri Siapkan 12 Kendaraan Angkut Pemudik di Bandara YIA
    Ruang tunggu penumpang di Bandara YIA yang telah dioperasikan. Medcom.id-Ahmad Mustaqim. (Ahmad Mustaqim)
    Yogyakarta: Perum Damri menyiapkan 12 unit mobil untuk melayani pemudik yang melakukan penerbangan lewat Yogyakarta International Aiport (YIA) di Kecamatan Temon, kabupate Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelayanan diberikan karena adanya rencana pengalihan jadwal penerbangan tambahan dari Bandara Adisutjipto ke Bndara YIA.  

    General Manager Perum Damri Cabang Yogyakarta, Rahmat Santoso, mengatakan armada yang disiapkan akan beroperasi di rute Stasiun Wojo, Magelang, Kebumen, dan Yogyakarta. Ada tiga jenis armada yang disiapkan. 

    "Ada lima unit medium long bus, dua medium bus, dan lima kendaraan jenis Hiace. Jumlah ini disesuaikan dengan perkiraan penumpang di bandara Kulon Progo," kata Rahmat dihubungi pada Rabu, 15 Mei 2019. 

    Ia menuturkan, armada jenis medium long bisa menampung sebanyak 37 penumpang. Lalu, jenis medium akan mampu menampung 28 penumpang. Untuk armada jenis Hiace berkapasitas 15 penumpang. 

    Sehingga, dalam sehari bisa mengangkut 316 penumpang. Armada tersebut akan ditempatkan di Bandara YIA. 

    Rahmat belum bisa memastikan kemungkinan menambah armada. Kebijakan penambahan jumlah armada akan dilihat lonjakan penumpang di lapangan. 

    "Koordinasi terakhir katanya ada 39 ekstra flight, tentu kami menyesuaikan. Sebetulnya bisa pakai izin accidentally untuk Lebaran jika memang dibutuhkan penambahan kuota. Tapi untuk saat ini kami optimistis tetap terpenuhi dengan unit yang ada," jelas dia. 

    Skema penumpang di bandara YIA sementara akan difasilitasi Damri lewat Stasiun Wojo. Dari Stasiun Wojo penumpang bisa menggunakan kereta api bandara yang sudah dioperasikan. Penggunaan kereta api dinilai akan lebih efisien dalam hal waktu. 

    Ia optimistis jumlah armada masih bisa mencukupi. Mengingat, pemudik diperkirakan masih dominan tujuan Yogyakarta. 

    Rahmat menyatakan tarif Damri tak akan mengalami perubahan saat mudik lebaran. Rute Bandara YIA tujuan Stasiun Wojo sebesar Rp10 ribu; rute YIA-Yogyakarta (Rp40 ribu); YIA-Kebumen (Rp50 ribu); dan YIA-Magelang (Rp50 ribu). 

    Terpisah, Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budianto, mengatakan masih berkoordinasi soal penyesuaian jadwal kereta api bandara dengan penambahan jadwal penerbangan. Menurut dia, saat ini masih disiagakan dua rangkaian kereta api yang sudah beroperasi. 

    Baca: Penerbangan Tambahan Bandara Adisutjipto Dilimpahkan ke YIA



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id