Pemprov Jatim Izinkan Mudik Lokal

    Amaluddin - 16 Mei 2020 05:26 WIB
    Pemprov Jatim Izinkan Mudik Lokal
    Ilustrasi mudik. Medcom.id
    Surabaya: Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur (Jatim), Nyono, memastikan masyarakat tidak diperbolehkan mudik. Namun, pihaknya memperbolehkan mudik lokal.

    "Surabaya, Sidoarjo, Gresik, satu daerah PSBB (pembatasan sosial berskala besar) tidak ada masalah. Tapi kalau keluar dari wilayah PSBB tidak boleh, seperti warga dari Surabaya atau Gresik mudik ke Jombang atau ke Banyuwangi tidak boleh," tegas Nyono di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat malam, 15 Mei 2020.

    Nyono menyebut pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19) di Jatim. Salah satunya mengusulkan Pemprov DKI Jakarta memperpanjang penerapan PSBB. PSBB di Ibu Kota Negara akan berakhir pada 21 Mei 2020.

    Dia khawatir bila PSBB di DKI Jakarta berakhir sebelum Hari Raya Idulfitri 2020 terjadi gelombang mudik dari DKI Jakarta menuju Jatim. Hal ini, kata dia, akan sulit mengendalikan orang-orang yang masuk ke Jatim.

    (Baca: Dishub DKI Larang Warga Mudik Lokal)

    "Makanya kami usul agar Jakarta perpanjang PSBB setidaknya sampai 31 Mei. Sehingga peluang mudik ke Jatim kecil," tutur Nyono.

    Ketua Institut Studi Transportasi (Instran), Darmaningtyas, menilai pemerintah perlu mengantisipasi fenomena mudik lokal usai salat Idulfitri 1441 Hijriah. Fenomena silaturahmi fisik ke kerabat ataupun saudara dengan jarak tempuh tak jauh ini selau terjadi tiap tahun.

    Euforia setelah menjalankan puasa Ramadan sebulan penuh saat pandemi bisa menjadi faktor pemicu mudik lokal. Terlebih ibadah yang biasanya dilakukan di masjid hanya bisa dilakukan di rumah.

    Masyarakat diyakini akan merasa wajar melaksanakan kegiatan itu. Sementara, potensi penyebaran virus korona semakin besar seiring banyaknya masyarakat yang melakukan mudik lokal.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id