Kapolda Metro Berharap Puncak Arus Balik Terjadi Sabtu Malam

    Siti Yona Hukmana - 08 Juni 2019 21:58 WIB
    Kapolda Metro Berharap Puncak Arus Balik Terjadi Sabtu Malam
    polda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono meninjau lalu lintas arus balik di Tol Cikampek arah Jakarta. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
    Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono meninjau lalu lintas arus balik di Kilometer (KM) 40 hingga KM 29 Tol Cikampek arah Jakarta. Ia berharap puncak arus balik terjadi malam ini. 

    "Masyarakat kan pada akhirnya sudah masuk kerja. Malam ini mereka pulang dan besok adalah hari terakhir untuk mereka pulang. Mudah-mudahan malam ini adalah puncaknya, sehingga besok mungkin bisa lebih longgar (lalu lintas)," kata Gatot di KM 29 Tol Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 8 Juni 2019. 

    Menurut Gatot, jumlah kendaraan masuk ke Jakarta pada Jumat, 7 Juni 2019 dibanding tahun lalu pada hari yang sama mengalami peningkatan. Dia menyebut ada 7 persen kenaikan.

    "Angkanya 200 ribu kendaraan yang masuk ke Jakarta. Kita akan lihat besok ya, kemungkinan bisa juga akan mengalami peningkatan yang sama atau mungkin bisa lebih, kita akan tetap melakukan kegiatan antisipasi untuk permasalahan ini," ungkap Gatot. 

    Mengantisipasi kemacetan di KM 40 hingga KM 29 Tol Cikampek arah Jakarta ini, Korps Lalu Lintas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way. Sepanjang KM 40 hingga KM 29 itu, terdapat tiga gerbang tol yang ditutup, yakni Tol Cikarang Barat, Tol Cibatu dan Tol Cikarang Pusat.

    "Tiga tol yang ditutup itu bagi mereka yang akan masuk ke Cikampek dan masyarakat kita alihkan ke Jalan Pantura, tapi kalau mereka yang masuk mau ke arah Jakarta masih bisa lewat ini (KM 29 Tol Cikampek)," ujar Gatot. 

    Pemberlakuan one way ini melihat situasi. Gatot mengatakan, Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Metro Jaya AKBP I Made Agus tengah mengecek lalu lintas. 

    "Kita mau sterilkan dulu sampai dengan tol KM 40. Begitu clear di sana kita akan berlakukan one way, karena di daerah-daerah terdapat tol yang sudah cukup padat lalu lintasnya," tutur Gatot.

    Kemudian, pemberlakuan normal kembali akan dilakukan dinamis sesuai situasi di lapangan. Jika kendaraan sudah mulai longgar, kata Gatot, arus akan dinormalkan.

    "Kita akan lihat perkembangan situasi, sifatnya dinamis kalau nanti memang mungkin sudah longgar tentunya kita akan kembalikan ke situasi normal kembali lalu lintasnya," pungkas Gatot.

    Dalam melihat situasi di tol tersebut, Gatot didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra Sukma Kumara. Kemudian turut pula hadir Direktur Sabhara Polda Metro Jaya Kombes Slamet Hadi Supraptoyo dan jajaran lantas lainnya.

    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id