Angkutan Barang Masih Dibatasi Masuk Tol

    Kautsar Widya Prabowo - 10 Juni 2019 17:02 WIB
    Angkutan Barang Masih Dibatasi Masuk Tol
    ilustrasi
    Jakarta: Kementerian Perhubungan memperpanjang pembatasan kendaraan angkutan barang melintasi ruas tol dari Semarang hingga Jakarta. Pembatasan angkutan barang sejatinya berkahir hari ini Senin, 10 Juni 2019. 

    Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiadi mengatakan pembatasan yang berlaku dua hari ke depan. Aturan ini masih bersifat imbauan. Mengingat volume kendaraan arus balik masih cukup tinggi. 

    "Jadi besok dua hari himbauan tidak menggunakan (ruas jalan tol) dari Semarang hingga Jakarta, hanya jalan tol ini saja. Dan saya minta keluarnya boleh menggunakan, tapi jalan arteri," ujar Budi di Posko Lebaran Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin, 10 Juni 2019.

    Meski hanya imbauan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk  menertibkan pengemudi nagkutan barang yang masih masuk ruas jalan tol. Namun, tidak ada tindakan tilang bagi pengendara.

    "Kalau kelihatan mobilnya doyok-doyok di jalan (suruh) minggir, keluar (tol) karena menggangu. Apalagi kalau ada dua empat mobil, kecepatan gak bisa 60 kilometer per jam, ngantri yang dibelakang susah kan," tuturnya.

    Imbauan tersebut juga sudah disampaikan kepada asosiasi-asosiasi terkait. Seperti Asosiasi Logistik Indonesia (Alfi), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), hingga Organisasi Angkutan Darat (Organda). 

    "Dari tiga (organisasi) saya minta masukan, menyatakan tidak keberatan dengan catatan sifatnya himbauan saja pak, nanti di lapangan tergantung pihak kepolisian," tuturnya.

    Sebelumnya, pemerintah telah melakukan pembatasan operasi angkutan barang di ruas jalan tol dan ruas jalan nasional. Hal itu merujuk pada  Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2019 tentang Pengaturan lalu Lintas Pada Masa Angkutan lebaran tahun 2019.

    Pembatasan operasional angkutan barang diberlakukan selama 7 hari, yaitu saat arus mudik lebaran mulai 30 Mei pukul 00.00 WIB sampai 2 Juni 2019 pukul 24.00 WIB. Untuk arus balik, mulai 8 Juni pukul 00.00 WIB sampai 10 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.

    Jenis kendaraan barang yang dibatasi operasionalnya pada masa angkutan lebaran tahun 2019 ini di antaranya mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, kereta gandengan, mobil barang yang digunakan untuk mengangkut bahan galian (tanah, pasir, batu), bahan tambang dan bahan bangunan.

    Sedangkan kendaraan barang yang dikecualikan dari pembatasan operasional antara lain pengangkut BBM, barang ekspor dan impor, air minum dalam kemasan, ternak, pupuk, hantaran pos dan uang.




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id