Beredar Informasi Jalur Tikus, Polisi Perketat Pengawasan

    Theofilus Ifan Sucipto - 11 Mei 2021 11:20 WIB
    Beredar Informasi Jalur Tikus, Polisi Perketat Pengawasan
    Tangkapan layar video viral di Instagram memperlihatkan rombongan pesepeda motor menerobos barikade pos penyekatan mudik Lebaran 2021 di Karawang, Jawa Barat, Sabtu, 8 Mei 2021. Foto: Istimewa



    Jakarta: Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal memperketat pengawasan jalur tikus. Hal itu merespons beredarnya informasi soal jalur tikus bagi pemudik di media sosial.

    "Penyekatan kita berlapis-lapis untuk mencegah mereka yang tetap ingin mudik," kata Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan saat dihubungi, Selasa, 11 Mei 2021.

     



    Rudi mengatakan pihaknya juga akan menerapkan sistem buka tutup penyekatan. Sistem ini untuk mencegah penumpukan kendaraan di pos penyekatan.

    "Kita melaksanakan pola buka tutup untuk mencegah kerumunan," papar dia.

    Baca: Gelombang Arus Mudik Tak Terbendung, Pos Penyekatan Bekasi Sempat Dibuka

    Sebelumnya, beredar sebuah grup di Facebook bernama 'info jalur pantura (JAPRA) subang-karawang (SUKA).' Grup itu berisi testimoni masyarakat yang lolos mudik melalui jalur tikus. Mereka saling bertukar informasi soal jalur yang bisa dilalui untuk menghindari penyekatan.

    Sementara itu, jumlah pemudik terus meningkat menjelang Hari Raya Idulfitri 2021. Meski aparat telah mempersiapkan banyak pos penyekatan, namun tingginya jumlah pemudik motor membuat aparat kewalahan.

    Beberapa kali pos penyekatan bobol akibat menumpuknya pemudik motor, seperti di Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat. Sedangkan, petugas yang berjaga sangat terbatas.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id