comscore

Tips Beli Rumah dengan KPR Syariah

Rizkie Fauzian - 04 September 2021 10:10 WIB
Tips Beli Rumah dengan KPR Syariah
Tips membeli rumah dengan KPR syariah. Foto: Shutterstock
Jakarta: Pembiayaan rumah dengan metode syariah kian digemari karena memberikan solusi pinjaman dana mengikuti syariat Islam sehingga bebas riba. Salah satu keunggulannya adalah tidak ada pengenaan bunga sehingga jumlah cicilannya tetap sampai akhir masa angsuran. 

Cara mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah hampir sama dengan KPR konvensional. Namun khusus untuk kepemilikan pertama, KPR syariah diperbolehkan atas unit yang belum selesai dibangun atau inden, namun tidak diperkenankan untuk kepemilikan unit selanjutnya.
Mengenai proses pengajuan KPR syariah, Anda bisa melihat beberapa pedoman berikut ini, dikutip dari laman Lifepal.co.id.

1. Pilih properti yang mau dibeli

Bila kamu ingin membeli properti dari pengembang, carilah informasi bank yang telah bekerja sama dengan pengembang agar prosesnya lebih mudah dan cepat. Pastikan bahwa pihak pengembang memiliki surat izin usaha yang sah ya.

2. Persiapkan persyaratan untuk pengajuan KPR

Syarat umum pengajuan seperti masa kerja minimum, usia minimum dan maksimum pada saat pengajuan dan beberapa syarat lainnya. 

3. Cari informasi biaya KPR dan biaya jual beli properti

Untuk membeli properti dengan KPR tidak hanya memperhitungkan Down Payment (DP) atau uang muka, tetapi juga ada komponen biaya lainnya, seperti administrasi, provisi, asuransi, notaris, hingga pajak.

KPR Syariah ini memang bisa jadi menguntungkan jika kamu cerdas, dan jeli. Bisa jadi Anda malah dapat rumah murah di lokasi yang strategis. Namun, sebaliknya, jika salah langkah, bisa jadi malah rugi.
 

Halaman Selanjutnya
Agar Anda tak terjebak, pahami…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id