comscore

Bikin Sempit, 4 Warna Ini Perlu Dihindari Ruangan Kecil

Rizkie Fauzian - 15 Februari 2022 14:59 WIB
Bikin Sempit, 4 Warna Ini Perlu Dihindari Ruangan Kecil
Warna yang bikin ruangan terlihat lebih sempit. Foto: Shutterstock
Jakarta: Warna merupakan bagian penting dalam dekorasi sebuah rumah karena mampu mengubah tampilan rumah lebih indah. Bahkan, warna dipercaya menunjukkan kepribadian penghuninya lho.

Jika Anda memiliki ruangan kecil, penting untuk mengetahui dekorasi yang tepat agar terlihat lebih nyaman, termasuk dalam hal memilih warna ruangan.
Kesalahan dalam menentukan warna bisa menyebabkan rumah menjadi tidak estetik. Berikut adalah beberapa warna cat yang harus dihindari ruangan kecil.

1. Putih

Putih mungkin menjadi warna cat yang sempurna untuk ruangan kecil karena dapat mencerahkan sudut-sudut gelap dan memantulkan cahaya ke sekeliling. 

Warna putih di ruangan kecil justru bisa membuatnya terlihat hambar. Meski membuat ruangan terlihat terang dan cerah, namun bisa sebaliknya ketika bayangan atau sudut gelap. 

Putih masih bisa menjadi pilihan yang menakjubkan di ruang kecil, tetapi ini berfungsi paling baik sebagai aksen atau warna trim. 

Sebagai gantinya, cobalah warna abu-abu lembut. Cat abu-abu keperakan menambah keanggunan bila dibingkai oleh aksen putih untuk ruang yang indah.

2. Netral

Warna netral sangat bagus untuk ruangan kecil. Warna netral yang tepat dapat membuat ruangan kecil terlihat lebih luas.

Namun jangan berasumsi bahwa warna cat netral apa pun akan cocok untuk ruangan kecil. Warna netral yang terlalu redup akan membuat ruangan Anda terlihat kecil dan gelap. 

Carilah warna-warna netral hangat yang memantulkan cahaya di sekitar ruangan, dan padukan dengan lis putih bersih dan aksen untuk tampak terbuka dan lapang. 

Trik untuk membuat ruang netral Anda terlihat lebih luas adalah dengan memilih perabotan, gorden, atau linen netral, agar sesuai dengan warna dinding Anda.

3. Undertone

Saat Anda mendekorasi ruangan kecil, setiap inci sangatlah penting. Warna cat yang salah lebih sulit disembunyikan di ruang kecil karena setiap dinding berdekatan.

Anda harus memperhatikan dengan cermat karena warna netral dengan warna merah muda akan terlihat sangat jelas di ruangan kecil Anda. 

4. Merah

Merah adalah warna yang indah dan telah menjadi pilihan warna cat untuk beberapa ruangan selama bertahun-tahun. Namun warna ini tak cocok digunakan untuk mendekorasi ruang kecil.

Energi dan kehangatan warna merah dapat memanaskan ruangan kecil dan membuat Anda merasa kewalahan dan tidak nyaman. Merah lebih baik dibiarkan sebagai aksen untuk ruang kecil. 

Jika Anda harus mendekorasi kamar Anda dengan warna merah, cobalah warna-warna yang tidak terlalu mencolok seperti merah muda. Anda masih akan mendapatkan kehangatan dan tampilan yang indah.

Sebelum menentukan warna cat, pastikan memilih warna yang mudah dikombinasikan. Jangan memilihnya hanya karena sedang trendi. 

Temukan warna cat yang membuat Anda nyaman tinggal untuk sementara waktu. Warna-warna cerah tampak membosankan setelah beberapa tahun. 

Perabotan dinding yang dicat dengan aksen, dan aksesori rumah adalah solusi untuk menggunakan warna khusus tetapi dengan mudah diubah menyesuaikan tampilan baru di ruang kecil Anda.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id