Waspada Ular Kobra pada Musim Hujan, Kenali Sarang dan Cara Mengatasinya!

    Cindy - 28 November 2021 13:01 WIB
    Waspada Ular Kobra pada Musim Hujan, Kenali Sarang dan Cara Mengatasinya!
    Kenali Sarang dan Cara menangkap ular kobra. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Ramai pemberitaan soal ular kobra yang berkeliaran dan ditemukan di rumah warga menjelang musim hujan. Anda harus mengenali sarang ular kobra dan cara mengatasinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

    Ular kobra merupakan salah satu jenis ular berbisa yang gigitannya maupun semprotan bisanya dapat berakibat fatal. Sebagian besar spesies ular sendok ini memiliki bisa neurotoksin yang kuat. 

     



    Bisa neurotoksin mampu melumpuhkan jaringan saraf, mengakibatkan paralisis, serta memiliki kandungan racun sitotoksin yang menyebabkan pembengkakan dan kegagalan pembekuan darah.  Beberapa spesies juga memiliki kandungan racun kardiotoksin yang menyebabkan gagal jantung. 

    Musim hujan merupakan waktu yang tepat bagi ular kobra untuk menetaskan telurnya. Ular kobra akan mencari sarang yang nyaman untuk berkembang biak. Untuk itu, Anda perlu mengenali ciri-ciri sarang ular kobra dan bagaimana cara mengatasi ular kobra jika ditemukan di dalam rumah. 

    Baca: Aksi Teror Ular King Kobra Hantui Warga Kota Depok

    Ciri-ciri sarang ular kobra

    Ilustrasi ular kobra. Istimewa Octavianus Dwi Sutrisno
    Ciri-ciri sarang ular kobra. Istimewa/Octavianus Dwi Sutrisno.

    Ular merupakan spesies hewan yang suka berpindah-pindah tempat tinggal alias nomaden. Ular tidak mempunyai sarang yang tetap, melainkan selalu mencari tempat persembunyian. Bisa jadi ular kobra membuat sarangnya di dalam rumah, lho!

    Berikut ciri-ciri tempat yang disukai ular kobra untuk dijadikan sarang atau tempat persembunyian, dikutip dari berbagai sumber:

    1. Tempat gelap dan tidak terawat

    Ular kobra suka bersembunyi di tempat yang gelap dan tidak terawat. Misalnya, loteng, gudang, saluran drainase, dan rumah tidak berpenghuni. 

    2. Tempat berlubang dan lembab

    Ular kobra juga sering kali bersarang dan bertelur di lubang yang lembab seperti saluran air dan pipa pembuangan. Pasalnya, telur ular kobra tidak bisa menetas di ruangan yang kering. 

    3. Pohon dan ilalang

    Ular kobra menyukai tempat yang rimbun, seperti rimbunan pohon dan ilalang. Apalagi kalau tempat tersebut jarang dibersihkan. 

    4. Taman

    Jika rumah Anda memiliki taman, maka Anda perlu waspada. Sebab, ular kobra menyukai tempat yang rindang dan lembab seperti taman. 

    5. Tumpukan material

    Ular kobra juga suka bersembunyi di tumpukan material, seperti tumpukan kayu dan batu. Tempat-tempat yang tidak terurus bisa menjadi sarang ular kobra. 

    Baca: Waspada! Begini Cara Mengusir Ular dari Rumah

    Cara mengatasi ular kobra

    Cara mengatasi ular kobra di dalam rumah. Pexels
    Cara mengatasi ular kobra di dalam rumah. Pexels.

    Ular kobra yang tiba-tiba muncul di dalam rumah mungkin akan membuat Anda dan sekeluarga panik. Namun ada cara jitu untuk mengatasi ular kobra agar tidak menimbulkan hal tidak diinginkan. Berikut cara mengatasi ular kobra, dikutip dari berbagai sumber:

    1. Diam dan tak banyak bergerak

    Usahakan untuk diam dan tak banyak bergerak. Ular kobra biasanya akan menyemburkan bisa atau mengigit ketika terancam. Ular juga akan bertambah agresif terhadap pergerakan objek yang tiba-tiba mendekatinya. 

    2. Minta bantuan orang

    Menangkap ular kobra berukuran lebih dari 2 meter tidak dapat dilakukan sendiri. Harus ada seseorang yang membantu menangkapnya karena akan sangat berbahaya. 

    3. Gunakan tongkat

    Anda bisa menggunakan tongkat kayu, sapu, dan sejenisnya untuk menangkap ular kobra tersebut. Tongkat berfungsi untuk menghindari atau mengalihkan perhatian ulat saat penangkapan. 

    4. Tangkap di bagian ekor

    Penangkapan ular kobra perlu dilakukan di bagian ekor, bukan kepala. Sebab, bisa yang keluar dari mulutnya bisa sangat mematikan. 

    5. Masukkan ke karung

    Setelah menangkap bagian ekor, segera menutup mulut ular guna menghindari gigitan dan semprotan bisa. Kemudian, masukkan ke dalam karung atau tempat aman lainnya. Serahkan pada pihak berwajib, ahli, maupun komunitas reptil lainnya. 

    Ingat, jangan membunuh ular kobra yang ditemui karena menyangkut populasi ular. Keberadaan ular sejatinya bisa menghilangkan hama, tikus, dan sebagainya.

    Baca: Tenang, Ini Kata Pakar IPB University Mengenai Perilaku Ular

    (CIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id