comscore

Untung Mana, Jual atau Sewakan Rumah?

Rizkie Fauzian - 02 Maret 2022 17:00 WIB
Untung Mana, Jual atau Sewakan Rumah?
Jual atau sewakan rumah. Foto: Shutterstock
Jakarta: Rumah merupakan salah satu jenis investasi properti yang diminati masyarakat. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan rumah sebagai investasi.

Misalnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual rumah. Harga rumah dipastikan naik setiap tahun, meskipun di masa pandemi seperti ini.
Jika tak ingin menjual, Anda juga bisa menyewakan rumah setiap tahun. Keduanya memiliki keuntungan, tetapi ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda pikirkan.

Keuntungan menjual rumah

Untung Mana, Jual atau Sewakan Rumah?
Jual atau sewakan rumah. Foto: Shutterstock

Anda bisa mendapatkan keuntungan yang menggiurkan dari bisnis jual rumah. Setiap tahunnya harga pasaran rumah selalu naik, apalagi kalau lokasi rumah berada di kawasan yang strategis, misalnya dekat dengan pintu tol. 

Media untuk menjualnya bisa lewat media sosial, atau melalui broker properti. Kalau lewat media sosial, tinggal upload foto setiap sudut rumah, lalu menunggu pembeli menghubungimu. 
 
Sementara lewat broker properti, semuanya bakal diurus oleh broker, termasuk pemasarannya. Jadi kamu tinggal duduk manis, biar mereka yang bekerja.  

1. Dapat uang dalam jumlah besar

Ketika Anda memutuskan untuk langsung menjual rumah ketimbang mengontrakkannya dahulu, artinya Anda berpotensi untuk mendapatkan uang segar dalam jumlah besar. 

2. Tak repot mengurus rumah

Memiliki rumah memang ribet, meski tak ditempati Anda tetap harus membayar listrik, membersihkannya dari debu dan tentunya memakan banyak waktu. 

3. Uangnya bisa digunakan untuk berinvestasi lagi 

Uang besar yang dihasilkan dari rumah itu bisa digunakan untuk modal berinvestasi lagi, misalnya untuk modal membuka usaha, atau membeli rumah lain lagi untuk dijual kembali.  

Keuntungan mengontrakan rumah

Mengontrakan rumah adalah hal yang biasa di Indonesia. Hal ini bisa jadi sangat menguntungkan, apalagi kalau punya banyak kontrakan. 
 
Mengontrakan rumah bisa menjadi bentuk diversifikasi pendapatan. Kemudian bisa dijadikan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan membayar segala pengeluaran wajib.
 
Jadi dengan uang kontrakan, Anda gak perlu lagi deh ngutak-ngatik tabungan atau penghasilan bulanan. Tujuan utama mengontrakan rumah itu tentu saja untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

1. Harga sewa rumah bisa naik

Tak hanya harga rumahnya saja yang meningkat, tarif sewa kontrakan di pasaran juga biasanya meningkat setiap tahunnya. Kenaikan ini tapi bergantung pada perkembangan daerah sekitar kontrakan, inflasi, dan kondisi rumah itu sendiri. 

2.  Rumah sewa banyak dicari

Harga rumah yang terus meningkat setiap tahunnya, membuat sebagian orang juga semakin sulit untuk mendapatkannya. Alhasil sebagai alternatif atas pemenuhan akan kebutuhan tempat tinggal, mereka lebih memilih untuk mengontrak. 
 
Orang dengan kondisi seperti itu tak sedikit, jadi jangan khawatir untuk kehilangan peminat, apalagi kalau lokasi rumah kontrakan itu strategis.

3. Tak ada biaya perawatan

Keistimewaan lainnya adalah, Anda tidak perlu memusingkan biaya bulanannya. Biaya listrik dan lain-lain kan sudah dibebankan ke penyewa, karena mereka yang menggunakan rumah tersebut. 

4. Bisa dijual 

Selain dikontrakkan, Anda juga bisa menjualnya di masa yang akan datang, apalagi kalau Anda sedang butuh uang. Artinya Anda sudah menikmati uang bulanan dari sewa kontrakan ditambah mendapatkan uang segar dalam jumlah banyak dari hasil penjualan rumah. 

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id