6 Trik Dekorasi Rumah Kontrakan anti Ribet

    Rizkie Fauzian - 16 April 2021 14:56 WIB
    6 Trik Dekorasi Rumah Kontrakan anti Ribet
    Dekorasi rumah kontrakan agar nyaman. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Ketika tinggal di sebuah rumah, baik itu milik pribadi atau mengontrak tentu Anda ingin membuatnya tampak lebih indah dan nyaman. Namun, bila mengontrak tentu keinginan mempercantik rumah jadi terbatas.

    Adakalanya beberapa pemilik kontrakan memiliki aturan yang ketat terkait mengubah dekorasi rumah, namun adapula yang memberikan kebebasan. Berikut ini tips dekorasi rumah kontrakan dikutip The Spruce.

    1. Minta izin terlebih dahulu

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meminta izin dari pemilik rumah. Bagaimana pun rumah tersebut hanya ada sewa dalam jangka waktu tertentu.






    Namun, jika dekorasi atau perubahan yang Anda lakukan menguntungkan kedua belah pihak, mungkin pemilik rumah bisa mempertimbangkan.

    Misalnya, Anda tidak menyukai lantai di kamar mandi karena licin sehingga Anda ingin menggantinya dengan yang sesuai. 

    Contoh lainnya, jika Anda tidak menyukai beberapa bagian, misalnya tirai yang kotor, kasur yang bernoda, atau warna tembok yang yang usang, Anda bisa meminta pemililik kontrak untuk memperbaikinya sebelum Anda menempati rumahnya.

    2. Gunakan alternatif untuk dekorasi

    6 Trik Dekorasi Rumah Kontrakan anti Ribet
    Beberapa pemiliik rumah terkadang melarang temboknya dipaku atau di bor. Padahal Anda ingin memajang foto atau menggantung tanaman.

    Anda bisa menaruh tanaman di meja, di lantai atau alternatif lainnya. Untuk memajang foto, Anda tak perlu menggunakan bingkai, cukup tempelkan dengan double tape.

    Anda juga bisa mengikuti cara seperti di atas ini, buat sendiri hiasan dinding untuk memajang kolase foto seperti yang Anda inginkan.

    3. Gunakan wallpaper 

    Jika Anda ingin mengubah tampilan kamar mandi tanpa mengecat ulang, sebaiknya gunakan wallpaper. Saat ini banyak barang-barang dekorasi yang bisa diaplikasikan dengan mudah.

    Anda ingin menambahkan kaca, tapi tak mungkin melubangin dinding dengan paku atau bor, sebaiknya gunakan cermin yang bisa ditempel seperti wallpaper.

    4. Manfaatkan setiap area

    Saat mendekorasi rumah, gunakan kreativitas Anda untuk mempercantik ruangan. Misalnya ada sudut hijau tempat Anda bersantai sambil membaca dengan hiasan tanaman.

    5. Gunakan gantungan atau pengait dinding

    Jika Anda ingin menggantung hiasan gambar, atau foto-foto dengan bingkai yang ringan gunakan gantungan atau pengait yang dilepas.

    Saat ini ada banyak pengait yang menggunakan double tape, jadi Anda tak perlu melubangi tembok.

    6. Stiker lantai

    Ingin mengubah tampilan lantai dengan mudah bisa gunakan stiker khusus lantai yang banyak dijual di market place. Jika Anda ingin menggunakan unsur alam, bisa gunakan lantai dari bahan vinyl.


    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id