5 Langkah agar Cat di Rumah Tak Mudah Rusak Meski Musim Hujan

    Rizkie Fauzian - 10 November 2020 13:36 WIB
    5 Langkah agar Cat di Rumah Tak Mudah Rusak Meski Musim Hujan
    Cegah kerusakan pada warna cat dinding di musim hujan. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Warna merupakan elemen yang sangat penting bagi sebuah rumah karena menujukkan karakter si pemilik. Untuk itu, penting memilih warna cat yang baik agar hunian tampak nyaman.

    Memilih cat rumah juga tidak bisa sembarangan. Pastikan kualitasnya tahan lama. Anda juga harus selalu menjaga dan merawat cat rumah agar penampilan selalu sedap dipandang mata.

    Merawat cat eksterior rumah tidak semudah yang dibayangkan. Karena berada di luar, maka cat sangat rentan rusak, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini.

    Air hujan yang mengandung asam tinggi dapat berakibat fatal jika terkena pada cat dinding rumah secara terus menerus, salah satunya akan membuat cat menjadi mengelupas. Bahkan jika dinding dibiarkan lembab terus menerus, akan membuat cat menjadi berjamur.

    Nah, bagi Anda yang ingin hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya jika Anda menerapkan beberapa hal di bawah ini, dikutip dari laman Lamudi.co.id

    1. Periksa celah

    Sebelum berencana mengecat rumah, periksa apakah ada celah pada dinding atau tembok luar rumah.

    Celah kecil saja bisa menyebabkan air masuk ke struktur bangunan dan menyebabkan bercak lembap kehitaman.

    2. Gunakan cat khusus

    Pada dasarnya ada dua jenis cat rumah, yakni cat khusus interior dan untuk eksterior. Untuk itu sudah sebaiknya Anda memilih cat yang memang khusus untuk eksterior rumah. Cat jenis ini memiliki daya tahan yang cukup bagus, bahkan ada beberapa produsen cat yang berani menjamin catnya tidak akan rusak dalam waktu delapan tahun.

    3. Jangan mengecat saat mendung

    Ketika mengecat sebaiknya jangan dilakukan saat kondisi cuaca mendung atau habis hujan, agar tidak ada air yang terperangkap di dalam tembok. Selain itu, sebelum mengecat Anda harus membersihkan segala kotoran yang menempel pada tembok, tujuannya agar cat dapat merekat dengan baik.

    4. Gunakan teknik yang tepat

    Agar mendapatkan hasil yang baik, Anda pun harus juga memperhatikan teknik pengecatan. Caranya dengan memberikan lapisan tipis pada tembok sebagai lapisan dasar, kemudian menjelang kering dilapis lagi agar hasilnya sempurna. Atau Anda bisa juga mengikuti dengan seksama segala petunjuk yang tertera pada kemasan cat.

    5. Periksa kelembapan dinding

    Salah satu hal yang membuat cat rumah rusak ketika hujan karena dinding yang lembab, karena rembesan air. Untuk itu periksalah dengan seksama dari mana sumber rembesan air tersebut muncul. Biasanya rembesan air bisa muncul dari talang yang konstruksinya kurang baik.

    Jangan biarkan dinding Anda terlalu lama terkena rembesan air karena akan membuat bercak seperti ompol pada cat rumah, bahkan akan membuat cat mengelupas.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id