Penerangan temaram, perpustakaan lebih nyaman

    Rizkie Fauzian - 05 Agustus 2018 09:00 WIB
    Penerangan temaram, perpustakaan lebih nyaman
    Lampu spot warna kuning membuat suasanya terkesan hangat dan menambah daya konsentrasi. all photos: Chu Chih-Kang space
    Taiwan: Menata cahaya yang pas untuk ruang baca, rupanya gampang-gampang susah. Tidak bisa asal sebab salah-salah malah merusak konsentrasi membaca. Warna dan penempatan lampu-lampunya juga harus diperhitungkan bila ingin makin nyaman.

    Tata cahaya perpustakaan di Taiwan ini mungkin bisa Anda aplikasikan untuk ruang baca di rumah. Ide utamanya adalah membantu meningkatkan konsentrasi pembaca tidak cuma selama membaca, tetapi sejak memilih bahan bacaannya.

    Penerangan temaram, perpustakaan lebih nyaman

    Bila umumnya terang benderang, perpustakaan larya studio arsitektur Chu Chih-Kang ini malah temaram. Tidak ada lampu neon menyilaukan di langit-langit ruangan. Interiornya nampak temaram.

    Cahaya kuning berasal lampu baca kecil di setiap meja dan lampu sorot rak bukunya. Setiap buku di rak mempunyai lampunya sendiri-sendiri. Uniknya lampu-lampu itu bukan LED yang hemat energi dan sedang nge-trend, melainkan lampu pijar berwarna kuning.

    Penerangan temaram, perpustakaan lebih nyaman

    "Ini untuk memberikan kesan hangat. Karena suasana relatif gelap, pembaca juga tak mudah teralihkan konsentrasinya," ujar Chu Chih-Kang sebagaimana dikutip dari designboom.

    Mengenai penempatan satu lampu untuk setiap buku -total ada 300-an buku- di rak, menurutnya bertujuan memberi pengalaman berbeda kepada calon pembaca buku bersangkutan. Pencahayaan demikian membuat buku-buku itu seolah melayang, tampil lebih dramatis dan semakin menarik dibaca.

     

    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id