comscore

7 Benda Paling Kotor di Ruang Tamu, Apa Saja?

Rizkie Fauzian - 26 Maret 2022 10:58 WIB
7 Benda Paling Kotor di Ruang Tamu, Apa Saja?
Benda paling kotor di ruang tamu. Foto: Shutterstock
Jakarta: Ruang tamu merupakan area penting dalam sebuah rumah karena menjadi tempat bertemunya keluarga, teman, hingga rekan kerja. Tak hanya itu, beberapa rumah menjadikan ruang tamu sebagai tempat bersantai, menonton, dan menghabiskan waktu bersama.

Hal ini membuat ruang tamu rentan kotor, dan terkontaminasi kuman dan bakteri yang membahayakan bagi kesehatan penghuninya.  Ada tujuh benda di ruang tamu yang sangat kotor dan wajib Anda bersihkan dengan rutin.

1. Remote 

Remote atau pengendali jarak jauh untuk TV, musik, sistem permainan, dan AC disentuh setiap hari. Namun, tak semua orang di rumah mencuci tangan saat menyentuhnya. Hal ini yang membuat remote menjadi benda paling kotor.
Gunakan lap disinfektan untuk digunakan pada elektronik setiap hari, termasuk untuk remote. Jika seseorang sakit, luangkan waktu untuk membersihkan remote sebelum atau setelah digunakan sebelum digunakan lain.

2. Karpet

7 Benda Paling Kotor di Ruang Tamu, Apa Saja?
Benda paling kotor di ruang tamu. Foto: Shutterstock

Karpet merupakan benda paling kotor di rumah karena letaknya atau posisinya yang sering diinjak. Meski Anda menyedot debu setiap hari, karpet adalah magnet bagi debu dan kotoran. Bahkan mengganti karpet lama dengan yang baru tidak selalu merupakan solusi terbaik.

Bersihkan secara teratur dengan penyedot debu yang memiliki filter HEPA, mintalah karpet dibersihkan oleh seorang profesional secara musiman, dan pertimbangkan untuk melepasnya dan menggunakan karpet yang lebih kecil sehingga dapat dicuci dengan mudah.

3. Lilin aromaterapi

Lilin dapat menambah keharuman dan sentuhan dekoratif pada ruang tamu. Sayangnya, karena kebanyakan lilin terbuat dari parafin yang diproduksi dari minyak bumi maka lilin juga dapat melepaskan bahan kimia seperti keton dan benzena yang mengiritasi sistem pernapasan.

Anda tidak perlu menyingkirkan lilin sepenuhnya, tetapi pilihlah yang terbuat dari kedelai atau lilin lebah. Carilah sumbu yang tidak mengandung kawat atau logam dan hindari lilin beraroma kuat.

4. Pengharum ruangan

7 Benda Paling Kotor di Ruang Tamu, Apa Saja?
Benda paling kotor di ruang tamu. Foto: Shutterstock

Pewangi ruangan berkontribusi terhadap polusi udara dalam ruangan. Produk wewangian rumah, lilin, dan beberapa minyak untuk difuser sering kali mengandung bahan kimia seperti sulingan minyak bumi, limonene, formaldehida, ester, dan alkohol yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, sakit kepala, dan iritasi mata.

Alih-alih menutupi bau tak sedap dengan pengharum kimia, Anda bisa membuka pinturang aktif, dan jendela untuk udara segar. Anda juga bisa meletakkan mangkuk soda kue atau cuka putih suling di sekitar ruangan untuk menyerap bau.

5. Ventilasi 

Filter pendingin udara penuh dengan debu. Filter harus diganti secara teratur untuk mengurangi debu yang bisa mengganggu kesehatan penghuninya. Gunakan filter yang menangkap partikel halus. Ventilasi harus dibersihkan setiap minggu dan untuk saluran dibersihkan setiap tahun.

6. Penyedot debu

7 Benda Paling Kotor di Ruang Tamu, Apa Saja?
Benda paling kotor di ruang tamu. Foto: Shutterstock

Penyedot debu atau vecumm cleaner adalah salah satu alat pembersih penting untuk menjaga ruang tamu bebas dari debu dan kotoran, tetapi jika Anda tidak membersihkannya semua debu dan kotoran itu akan menempel.

Carilah penyedot debu yang dilengkapi dengan HEPA. Kemudian, bersihkan atau ganti filter secara teratur dan kosongkan wadah bagian dalam setelah setiap kali digunakan untuk menghilangkan kotoran dan debu.

7. Sepatu

Beberapa rumah membawa masuk sepatu kotor ke dalam rumah. Padahal sepatu digunakan sepanjang hari di tempat-tempat kotor. Cara termudah untuk mencegahnya adalah meminta semua orang melepas sepatu mereka di pintu depan. Cuci keset dan karpet sesering mungkin.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id