comscore

5 Tips Dekorasi Rumah Kecil agar Lebih Nyaman

Rizkie Fauzian - 17 Januari 2022 16:55 WIB
5 Tips Dekorasi Rumah Kecil agar Lebih Nyaman
Tips mendekorasi rumah mungil. Foto: Shutterstock
Jakarta: Memiliki rumah dengan luas terbatas bukan berarti Anda tak bisa berkreasi. Ada banyak trik dalam dekorasi rumah mungil yang bisa memberi kenyamanan namun tetap indah dipandang.
 
Misalnya pemilihan warna dan perabotan juga mempengaruhi tampilan rumah minimalis Anda. Ada banyak trik lainnya yang bisa dijadikan rekomendasi untuk dekorasi di rumah mungil Anda.
Berikut ini trik menata rumah minimalis terlihat lebih luas.

1.  Pilih warna yang tepat

Warna yang lebih terang, paling baik dalam memantulkan cahaya. Hal tersebut menciptakan tampilan yang lega. Warna yang lebih gelap, kertas dinding bermotif dan kain bercorak memperkecil ruangan dan menyerap cahaya.
 
Studi telah menunjukkan bahwa langit-langit yang berwarna lebih terang dianggap lebih tinggi dibandingkan dengan yang berwarna lebih gelap.

Warna gelap untuk lantai dapat menyempitkan ruang. Tekstur dan kain dengan hiasan juga mengecilkan volume, begitu pula permadani dan karpet dengan motif berlebihan.
 
Permukaan lantai yang terbuka dan bersambung, seperti papan kayu, lantai buatan, karpet polos, dan ubin lantai, menciptakan tampilan yang lega.

2. Fleksibel

Anda bisa mengatur ulang rumah untuk mengubah fungsi ruang. Coba pikirkan, misalnya apakah kamar tidur sudah ditempatkan dengan baik, atau haruskah area tempat tidur dipindahkan?
 
Renovasi yang dilakukan setelahnya mengalihfungsikan ruang makan dan ruang tamu sebagai kamar tidur yang lebih kecil. Kamar tidur yang asli dirancang ulang menjadi ruang tamu dan ruang makan desain terbuka.

3. Perabot rumah minimalis

Semakin banyak perabot yang diletakkan dalam sebuah ruangan, maka akan tampak semakin kecil ruangan tersebut. Dan tentu banyak dari kita mengetahui bahwa semakin sedikit barang yang kita miliki dalam apartemen, maka akan terlihat semakin besar.
 
Tidak nyaman untuk berjalan di antara perabot berukuran besar dibandingkan dengan ruang yang lapang. Semakin sedikit barang yang Anda punya, tampak semakin lega ruangan tersebut.
 
Jenis perabotan terbaik untuk digunakan di ruang kecil adalah kursi sandaran dan meja sederhana, perabot dengan rangka sederhana, material baja atau kayu.

4. Jangan banyak sekat

Semakin banyak sekat, maka rumah Anda tampak lebih sempit. Anda tak perlu menggunakan sekat untuk membatasi ruangan satu dengan lainnya.
 
Jika Anda membutuhkan sekat untuk setiap ruangan di rumah, pilihlah partisi dengan celah atau lubang sehingga tetap ada kesinambungan antara ruangan satu dengan ruangan yang lain.

5. Tambahkan cermin

Cermin dipercaya bisa membuat ruangan lebih besar. Semakin besar cermin yang Anda gunakan, rumah akan terasa jauh lebih luas.
 
Anda bisa menggantungkan cermin di dinding. Gunakan cermin dengan ukuran yang sama dengan satu bidang dinding sehingga ruang terasa terhubung dengan pantulan.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id